Beranda Lain-Lain DUKUNGAN IMEJJ TERHADAP PEMEKARAN PROVINSI KEPULAUAN MALUKU TENGGARA RAYA

DUKUNGAN IMEJJ TERHADAP PEMEKARAN PROVINSI KEPULAUAN MALUKU TENGGARA RAYA

489
0

Jakarta-Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Evav Jakarta Jawa Barat dalam mempeingati momentum 10 tahun kelahiran organisasi menciptakan satu kebulatan komitmen untuk mendukung penuh pemekaran Provinsi Kepulauan Maluku Tenggara Raya sebagai bagian dari amanat UUD 1945, dalam hal ini untuk menyelenggarakan otonomi daerah.

Abdul hakim Selaku ketua Umum IMEJJ Mengatakan BahwaTerlepas dari sikap pemerintah PEMDA Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara, IMEJJ akan mengambil jalan yang berbeda, bahkan tidak berjalan berdampingan dengan TIM Pemekaran Provinsi MTR yang telah dibentuk beberapa pekan lalu. Dengan kata lain IMEJJ akan melakukan advokasi dan pengawalan terhadap Pemekeran Provinsi MTR lewat jalur independen.

Sekalipun begitu, Pemekaran Provinsi MTR tidak bisa disederhanakan, bahwa selain syarat-syarat formil yang patut diperhatikan. IMEJJ sendiri sangat memperhitungkan aspek-aspek lain, yaitu soal keterpenuhan Sumber Daya Manusia, laju pembangunan, kesemarataan ekonomi serta kesepakatan plus kesepahaman masyarakat bawah akan pentingnya pemekaran Provinsi MTR.

Baca :  Agar Tercipta Suasana Yang Damai, Aman Dan Sejuk Ust. Ahmad Izzy Ar-Rifai Ketua DKM Masjid Al-Manar Jakarta Timur Gelar Deklarasi Damai Melawan Hoax Jelang Pemilu 2019

Sehingga hal demikian tidak hanya menjadi upaya elit semata, yang mana tidak menutup kemungkinan akan diselipkan oleh kepentingan-kepentingan sektoral.

Tema “Maluku Tenggara Raya. Pentingkah?” yang merupak tema yang di usung oleh IMEJJ dalam acara diskusi 7 September kemarin.

Adapun Narasumber Yang mengisi Dialog Tersebut Antara lain
1.Baharudin Farawowan(Ketua Geomaritim)
2.Samuel Rahalus,S.pi(Kem.Maritim)
3.Dr.Fahmi Fadirubun (Pemuda Kota Tual)
4.Collin Leppuy S.sos (Devisi Kalesang Maluku)
dan di moderatori oleh Fahri Ahmad Difinubun Selaku Ketua Bidang Advokasi IMEJJ

pada akhirnya mendapat jawaban bahwa Maluku Tenggara Raya memang penting, khusunya bagi masyarakat yang menempati daerah selatan dari kepulauan Maluku.

Selaras dengan itu, pemekaran Provinsi MTR juga merupakan visi pengentasan kemiskinan dan pembangunan manusia sebagai akibat dari upaya untuk memaksimalkan proses pengelolan sumber daya alam. Bagaimana tidak, daerah-daerah yang tergabung dalam Provinsi MTR merupakan daerah yang memiliki kontribusi besar terhadap indeks keminskinan Maluku (baca: BPS per-2018) yang mana persoalan tersebut dilatarbelakangi oleh sumber daya manusia yang masih tergolong sangat rendah.

Baca :  Dianggap Akan Membahayakan Publik, SEMMI Unjuk Rasa Terkait Situ Plaza Cibinong

Padahal daerah-daerah tersebut menyimpang kekayaan alam yang sangat besar, mulai dari pertanian, kelautan, pariwisa serta yang paling santer baru-baru ini yakni sumur minya Blok Masela.

Mengakhiri diskusi publik tersebut, ketua umum IMEJJ yang juga merupakan Koordinator BEM RI Itu menyatakan secara gamblang akan mendukung dan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan pemekaran Maluku Tenggara Raya.

Pria yang biasa di sapa elhakim itu Turut mengucapakan Terimakasih kepada
-Kapolda Maluku(Irjen Pol Royke Lumowa)
-Kapolda Metro Jaya ( Irjen Pol Gatot Eddy Pramono)
-Kapolres Jakarta Pusat(Kombes Pol Harry Kurniawan)
-Kombes Pol Ady Wibowo (Kapolres Jakarta Timur)
-Akbp Deddy Tetra (Kasat Intelkam Polres Jakarta Timur)

Atas Doa dan dukungan nya dalam menyelenggarakan HUT IMEJJ Yang ke-10. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here