Beranda Opini PESAN DARI LAUT UNTUK KAPOLRI BARU

PESAN DARI LAUT UNTUK KAPOLRI BARU

168
0

Oleh : Muhamad Karim, M.Si (Direktur Pusat Kajian Pembangunan Kelautan & Peradaban Maritim/Dosen Universitas Trilogi Jakarta)

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tercatat Indonesia memiliki 17.499 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 KM. Hal itulah membuat Indonesia dikenal dunia Internasional sebagai negara maritim terbesar di dunia. Kondisi tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi besar di bidang kelautan. Namun dengan kondisi laut yang begitu luas, ancaman seperti illegal fishing, human trafficking, penyelundupan narkoba hingga terorisme pun masih menjadi persoalan yang belum menemukan jalan keluar. Dan tentunya, persoalan ini akan menjadi pekerjaan besar bagi aparatur penegak hukum, dalam hal ini Polri, yang dalam waktu dekat ini akan dipimpin oleh Kapolri baru, yakni Listyo Sigit Prabowo.

Baca :  HARI LINGKUNGAN HIDUP NASIONAL : KOMJEN LISTYO SIGIT DAN KOMITMENNYA DALAM MENJAGA ALAM INDONESIA

Dengan ditunjuknya Komjen Listyo Sigit sebagai Calon Kapolri oleh Presiden Jokowi, harapan dan optimisme pun datang dari pengamat kelautan Indonesia, Muhammad Karim, M.Si. Menurutnya Listyo Sigit memiliki kapasitas dan integritas dalam upaya menyelesaikan beragam masalah yang seringkali terjadi di sepanjang laut Indonesia.

“Sebagai orang yang memiliki latar belakang ilmu kelautan dan perikanan, saya sangat berharap Listyo Sigit mampu memberantas kejahatan perikanan dan kelautan, terutama persoalan illegal unreported and unregulated fishing. Karena hal ini sangat merugikan bangsa dan negara. Selain itu, kejahatan lain seperti perdagangan manusia, narkoba, perdagangan senjata, perompakan, illegal loging, mafia lobster dan terorisme seringkali menjadikan laut sebagai mediumnya.” Papar mantan Ketua HMI Cabang Bogor ini.

Masih menurut Muhammad Karim, bila Listyo Sigit Prabowo telah resmi menjabat sebagai Kapolri, dia berharap Listyo Sigit mampu bekerja maksimal dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia.

Baca :  HRS, Jokowi & Revolusi Akhlak

“Saat ini kita membutuhkan pemimpin yang mampu berbuat adil, mengayomi, bekerja jujur dan ikhlas buat rakyat. Sebagai warga republik dan juga seorang muslim, kita tidak boleh menyoal latar belakang suku dan agama seorang, khususnya dalam hal kepemimpinan. Bila kita masih mempersoalkan itu, maka selamanya kita akan menjadi bangsa yang tertinggal. Untuk itu saya sangat berharap, bila Listyo Sigit telah resmi dilantik sebagai Kapolri, besar harapan saya Listyo Sigit mampu bekerja maksimal dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia, dan juga mampu menjaga laut kita dari ancaman kejahatan.” Pungkas senior KAHMI Bogor ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here