Beranda Jakarta Barat GPII Jakarta Raya Bagikan Masker dan Sosialisasi Bahaya Covid-19

GPII Jakarta Raya Bagikan Masker dan Sosialisasi Bahaya Covid-19

90
0

Jakarta (02/02), Gerakan Pemuda Islam Indonesia Jakarta Raya, melalui Tim Relawan Penanganan Covid-19 yang dibentuk dari kader dan pengurus GPII Jakarta Raya melaksanakan program bantuan pembagian masker dan sembako serta mensosialisasikan bahaya Covid-19 di berbagai wilayah DKI Jakarta.

Keputusan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta untuk menarik rem darurat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) merupakan langkah terbaik yang dapat dilakukan oleh pemerintah. PSBB terhitung mulai hari ini Senin, 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat yang kemudian tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 19 Tahun 2021 dan Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2021.


Pasalnya sejak liburan natal dan pergantian tahun, lonjakan kenaikan kasus cenderung meningkat signifikan. Lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 ini tentunya dikarenakan kurangnya ketaatan masyarakat pada protokol kesehatan selama masa pelonggaran PSBB.

Seiring dengan lonjakan kasus positif pun, angka kematian karena Covid-19 pun ikut meningkat. Di antara korban meninggal akibat virus Covid-19 di Jakarta yaitu mantan Ketua Umum GPI periode 1999-2003 Ir. H. M Suaib Didu MM.

Baca :  Dianggap Satpol PP Belum Efektif, PERISAI DKI Jakarta akan Geruduk Kantor Satpol PP DKI Jakarta

Sadar akan bahaya yang ditimbulkan virus SARS-CoV-2 apalagi sudah memakan korban jiwa salah seorang keluarga besar GPII, Farid Sudrajat selaku Ketua Relawan Penanggulangan Covid-19 Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Jakarta Raya menginstruksikan kepada seluruh kader maupun Pengurus Daerah GPII Jakarta Raya untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19. Di samping itu Relawan Penanggulangan Covid-19 PW GPII Jakarta Raya juga turut berpartisipasi dengan membuat posko terpadu di sekretariat PW GPII jalan Menteng Raya No. 58 Jakarta Pusat.

Sebagai bentuk realisasi dari instruksi ini, Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Jakarta Raya juga ikut turun ke jalan untuk mensosialisasikan kebijakan PSBB dan bahaya Covid-19 serta membagikan alat kesehatan berupa masker bagi masyarakat di daerah padat penduduk DKI Jakarta. Beberapa diantara banyak tempat yang menjadi sasaran kegiatan ini ialah di sekitar Menteng, Kramat, Tanjung Priok, Rawa Badak Utara, Jatinegara, Ciracas, Lebak Bulus, Cipete, Petamburan dan Tambora. Adapun kegiatan ini sudah terlaksana di tiga lokasi yakni, Kramat, Menteng dan Tanjung Priok. Sedangkan pelaksanaan lokasi lainnya akan menyusul secara berkala. Mengenai hal ini, Farid Sudrajat menyampaikan bahwa, ”GPII Jakarta Raya melalui kami (Relawan Penganganan Covid-19) akan terus mengawal, berkontribusi serta berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak-pihak lainnya dalam melakukan upaya pemutusan mata rantai Covid-19”.

Baca :  Sumpah Pemuda Sebagai Momentum Penguatan Gerakan dan Persatuan Pemuda

Dalam kegiatan ini disampaikan bahwa wabah virus ini bisa menjangkit siapa saja tanpa memandang identitas dan latar belakang seseorang, karena itu virus ini tidak boleh dipandang remeh. Selain itu, sosialisasi ini juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan Prokes sebagaimana anjuran dan aturan pemerintah dengan mengindari kerumuman, disiplin memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, mengkonsumsi makanan sehat dan gaya hidup sehat, rajin berolahraga dan istirahat cukup menjadi keharusan bagi semua orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here