Beranda News Berita Nasional SURAT TERBUKA UNTUK GUBERNUR ANIES

SURAT TERBUKA UNTUK GUBERNUR ANIES

137
0

Mengatasi Keterbatasan Ruang Isolasi.

Melihat angka warga yang terkena wabah virus Covid-19 semakin tinggi di DKI. Dan keterbatasan Rumah sakit serta ruang Isolasi Mandiri, khususnya bagi Orang Tanpa Gejala.
Dan juga diperkirakan wabah ini akan berlanjut.hingga akhir tahun 2021.

Maka saya sebagai Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) mengusulkan kepada Gubermur DKI Jakarta Bapak. Anies Baswedan untuk mengeluarkan Intruksi Gubernur kepada para Lurah disetiap wilayah.
Agar dapat memanfaatkan Fasilitas Umum atau Ruang Kelas Sekolah untuk dijadikan Tempat Isolasi Mandiri, khususnya Pasien Tanpa Gejala.

Hal ini dilakukan agar beban Pemerintah DKI dan Pusat tidak terlalu berat  khususnya dalam mengeluarkan Anggaran untuk menampung Pasien Covid tersebut.

Dengan dipersiapkannya Ruang Isolasi Mandiri ditiap tiap Kelurahan, akan mempermudah bagi Petugas Gugus Tugas Covid-19 melakukan pemantauan dan pengetatan penyebaran virus.

Selama ini, selain Wisma Atlit, beberapa Rumah Sakit dan Hotel, dijadikan sarana untuk menampung Pasien Covid-19.  Tentunya ini menjadi beban yang berat, selain tempat juga Anggaran akan semakin besar.  Apalagi bila menggunakan fasilitas Hotel untuk penampungan pasien Covid-19.

Dengan dipersiapkannya Fasilitas Umum dan Ruang Sekolah sebagai Penampungan, setiap Anggota LMK, RW, RT , FKDM, Karang Taruna dan kader PKK.ditiap tiap wilayah bisa dijadikan Relawan.  Saya yakin semua yang sebutkan tadi bersedia mengeluarkan tenaga, waktu dan pikirannya untuk bersama-sama Pemerintah membantu mengatasi wabah virus Corona ini.

Baca :  HMI BERSATU : Sambut HRS Dengan Suka Cita, Jangan Ada Yang Kriminalisasi !

Selain itu, kita bisa memanfaatkan masyarakat dan orang-orang yang peduli untuk bahu membahu menyediakan kebutuhan pangan bagi pasien Covid-19 tersebut.  Kemudian setiap Dokter yang ada di Puskesmas bisa dimanfaatkan sebagai Petugas Kesehatan yang melakukan pengontrolan.

Hal positif lainnya adalah selain beban Pemerintah berkurang, juga beban masyarakat sendiri yang selama ini melakukan isolasi mandiri.  Bila Pengurus RT, RW dan.masyarakatnya perduli, tentu warga tersebut akan merasa nyaman. Namun bila tidak, mereka akan kesulitan dalam menghadapi persoalan kebutuhan hari-hari. 
Bahkan dari informasi dilapangan, banyak RT dan RW yang sudah mulai mengeluh.  Karena ada di beberapa RT yang warganya banyak terkena wabah virus tersebut, sehingga mereka harus mengumpulkan secara swadaya dan bergotong royong, sementara RT dan RW lain tidak. Namun karena lintas RT dan RW, mereka tidak bisa berharap banyak untuk mendapatkan bantuan.

Semoga masukan ini dapat didengar oleh Pak. Gubernur dan didorong oleh Anggota DPRD DKI untuk segera ditindak lanjuti.

Sebagai warga Jakarta, sudah sepatutnya kita bergandengan tangan dan bersatu dalam menghadapi wabah virus Covid-19 yang kita tidak tahu sampai kapan akan terakhir.
Hilangkan dahulu perbedaan politik yang ada, dan tidak perlu melihat kebelakang lagi, dengan bersatu semoga beban yang kita hadapi dapat diatasi bersama-sama.

Baca :  Integritas Koni depok dipertanyakan Pemuda , mahasiswa dan aktivis masyarakat kota depok

Gubernur Anies harus bertindak tegas, teradap aparatur dibawahnya khususnya para Lurah. Bila tidak mampu dalam menjalankan tugasnya wajib diganti. Pak Anies tidak perlu kawatir adanya pihak pihak yang mencoba membackingin.
Terutama Lurah Cipete Utara Nurcahya,S.Sos, sejak menjabat di Cipete terlalu banyak kegaduhan yang ditimbulkannya.  Baik kepada para Tokoh masyarakat, RT, RW dan LMK .juga para PKK.  Apalagi sejak wabah Covid-19 melanda wilayah kita, sampai sampai viral Lurah dipulul oleh warga masyarakat. Dimana hal ini belum pernah terjadi sebelumnya di DKI.
Prihal ini tak terjadi, bila Lurah paham Tupoksi dan bekerjasama dengan Mitra kerjanya, Babinkamtibmas, Babinsa, dan LMK.

Demikian.surat terbuka ini saya tulis, dengan harapan ada perbaikan kedepannya. Kami selalu mendoakan Pak. Gubernur dan seluruh Jajaran, khususmya Para Dokter dan Petugas Kesehatan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, Amin.

Penulis :

Burhan Saidi Chaniago
LMK RW 07 Cipete Utara
Ketum Kombas
Ketua Harian Mabes LMP
Ketum SPPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here