SEMMI Cabang Surabaya Selenggarakan Diskusi Terkait Potensi Maritim di Tanjung Perak

Surabaya – Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Cabang Surabaya menyelenggarakan kegiatan serikat diskusi melalui aplikasi zoom & hybrid(8/12)

Kegiatan serikat diskusi ini bertujuan untuk menggali potensi maritim yang ada Indonesia khususnya di Tanjung Perak.

Penyelenggara Kegiatan Serikat Diskusi kali ini diselenggarakan di Kota Surabaya pada hari Rabu (8/12/2021) dengan mendatangkan 4 narasumber yaitu :

  1. AKBP Anton Elfrino Triyanto, S H, S. I. K, M. Si ( Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya)
  2. Bintang wahyu Saputra
    Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia
  3. Arven Marta
    Ketua bidang Pertahanan & Keamanan PB HMI 2021 – 2023
  4. Yayan Septiadi
    Pengurus PB PMII Bidang Pertahan dan Keamanan 2021 – 2023

Dengan moderator ; Erling Elinda Yulianto selaku Bendahara Umum SEMMI Cabang Surabaya 2021-2023.

Bacaan Lainnya

Pada acara kali ini, tema yang diangkat yaitu “Memaksimalkan Fungsi Pelabuhan Guna Menunjang Bisnis serta Ekonomi Nasional Menuju Persaingan Global”.
Arven Marta menegaskan,”Negara kita dikelilingi oleh lautan sebenarnya bisa mendukung perekonomian di Indonesia. Seperti Singapura negara tidak seluas Indonesia, tapi mereka dapat memanfaatkan itu semua sebaikmungkin”

Sedangkan menurut Yayan Septiadi, mahasiswa jangan sekedar sebagai agen controling namun harus turut terjun kedalamnya.
Ketua PB SEMMI mempertanyakan, dari berbagai pelabuhan apakah sudah dipastikan mendukung perekonomian, aman dari pungli, sistem bongkar muatnya apakah sudah sesuai prosedur atau malah mengalami kemunduran.

“Sistem Pelabuhan Tanjung Perak sudah menggunakan sistem online yang berkoordinasi dengan pihak otoritas dan pelindo, jadi permasalahan bisa teratasi. Untuk sistem perekonomian kami juga mendukung umkm dengan memberikan stand sekitar area pelabuhan, pungli bisa dikatakan tidak ada sama sekali karena disetiap sudut kami selalu mensosialisasikan dilarang pungli, ketahuan pungli=dihukum. Kami alhamdulilah juga telah menerima penghargaan WBK,dll”, tegas Eko NW Kabagops Polres Tanjung Perak (mewakili Kapolres Tanjung Perak).

Achmad Donny Selaku Ketua SEMMI Cabang Surabaya menegaskan, “Dengan ada diskusi ini kita tau tanjung perak adalah percontohan pelabuhan lain yang terima penghargaan Wbk dll. Sehingga hasil diskusi ini kami SEMMI Cabang Surabaya memberikan apresisasi terhadap Polres Tanjung Perak terkait hal ini.”

Erling selaku Bendahara Umum SEMMI Cabang Surabaya juga menambahkan,”Diharapkan Polres Tanjung Perak untuk tetap mempertahankan amanah”

“Mahasiswa ga selalu soal controling tapi harus terjun didalamnya dengan melakukan sinergitas dengan pemerintahan. Diharapkan juga untuk Polres Tanjung Perak untuk memberikan wadah bagi mahasiswa yang ingin kesini”, tutupnya.

Pos terkait