Indonesia di Peringkat 4 Besar Dunia Dalam Penanganan Pandemi, LSPI Apresiasi Sinergi TNI-Polri

Redaksijakarta.com – Indonesia berhasil tempati peringkat 4 dunia dalam urusan capaian vaksinasi secara global. Posisi Indonesia tepat berada di bawah Brazil dan dua negara adi daya yakni : Amerika Serikat dan China.

Keberhasilan Indonesia tersebut turut mendapat atensi dari Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya di acara Dies Natalis ke-67 Universitas Parahyangan (Senin, 7/01/2022), Presiden mengapresiasi TNI dan Polri yang telah berikan dukungan penuh dalam rangka percepatan vaksinasi.

“Saya sangat mengapresiasi TNI dan Polri yang memberikan dukungan penuh dalam rangka vaksinasi ini.” Kata Jokowi.

Kinerja TNI dan Polri dalam menangani Pandemi Covid-19 yang hampir genap dua tahun mendera Tanah Air tersebut mendapat respon positif dari Direktur Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI), Dinal Gusti. Dirinya mengapresiasi kerja keras dan kerja sama dua instrumen keamanan negara tersebut dalam menangani Pandemi, khususnya dalam hal percepatan vaksinasi.

Bacaan Lainnya

“Hampir genap dua tahun Covid-19 menerpa Bangsa ini. Segala upaya telah dibuat pemerintah untuk meminimalisir dampak yang potensial merugikan masyarakat. Namun sejak gerakan Vaksinasi Nasional dimulai pada awal Januari 2020 lalu, TNI dan Polri bisa disebut dua institusi negara yang paling determinan. Kerja keras dan kerja sama mereka sangat layak diapresiasi. Tak hanya masif menggencarkan vaksinasi di wilayah perkotaan, namun untuk daerah yang sulit terjangkau pun mereka selalu hadir.” Tutur Dinal.

Dalam keterangan tambahannya, Dinal menyoroti secara khusus Kinerja Polri yang berhasil membuat sejumlah terobosan seperti Program Vaksinasi Presisi. Menurutnya, program tersebut terbukti mampu mempermudah masyarakat dalam memperoleh haknya menerima Vaksin.

“Hadirnya Gerai Vaksinasi Presisi yang digagas Polri terbukti mampu menjawab kebutuhan nasional. Pembuatan gerai Vaksinasi di setiap Polsek di seluruh Indonesia adalah solusi cerdas. Kehadiran gerai-gerai vaksinasi tersebut mampu menjembatani hak masyarakat untuk memperoleh vaksin.” Tegasnya.

Di lain tempat, Deni Wahyudi selaku Sekretaris LSPI menyebut Pelibatan TNI dan Polri dalam Suksesi Vaksinasi Nasional adalah langkah cerdas yang dibuat Presiden Jokowi.

“Kita beruntung memiliki Presiden sekaliber Jokowi. Beliau punya visi yang baik dalam menangani Pandemi. Pelibatan TNI dan Polri dalam suksesi vaksinasi nasional adalah ide Presiden yang sangat visioner. Dan sekarang kita bisa melihat hasilnya. Dua lembaga tersebut terbukti berperan besar membawa negara ini melampaui target vaksinasi global (WHO).” Kata Deni.

Deni juga antusias dengan program Vaksinasi Merdeka Anak yang kini sedang digalakan Polri di seluruh Indonesia. Sebagaimana yang diketahui, Program Vaksinasi Merdeka Anak tak hanya diperuntukan untuk melindungi anak-anak dari ancaman Pandemi, tetapi juga upaya Polri untuk mempercepat terlaksananya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di seluruh Indonesia.

“Kami sangat antusias dengan program Vaksinasi Merdeka Anak yang digalakan Polri di seluruh Indonesia. Program ini tak hanya menjamin kesehatan anak-anak, tapi juga punya visi untuk mempercepat para pelajar untuk dapat segera bersekolah. Visi ini sangat mulia. Dalam hal ini kita patut berikan kredit poin untuk Pak Kapolri. Beliau sangat peka dengan kondisi anak-anak, khususnya para pelajar Indonesia.” Pungkas Deni. (**)

Pos terkait