Pramusim Piala Menpora 2021 Resmi Digelar PSSI

Redaksijakarta.com – Menpora Zainudin Amali membenarkan Piala Menpora 2021 menjadi turnamen pramusim resmi musim 2021 yang digelar PSSI.

Menpora mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan pemberian nama Piala Menpora untuk turnamen yang menjadi pemanasan jelang Liga 1 2021 tersebut. Zainudin mengetahui itu dari permintaan PSSI beberapa waktu lalu.

“Ya, benar namanya Piala Menpora. Ketua umum PSSI sudah minta izin pakai nama Menpora buat jadi turnamen pra musim,” kata Menpora Zainudin kepada CNNIndonesia.com, Kamis (18/2).

Sejak 2015, turnamen pra musim yang digelar biasanya bertajuk Piala Presiden. Sebelumnya, Piala Presiden digelar untuk mengisi kekosongan kompetisi, namun kemudian berlanjut sebagai turnamen pramusim.

Bacaan Lainnya

Menpora tidak mengetahui pasti pertimbangan PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) soal nama Piala Menpora 2021.

“Mungkin saja tujuan PSSI memberi titel itu supaya kami [Kemenpora] ikut terlibat memantau, mengevaluasi apalagi sekarang izin tidak mudah untuk bisa didapatkan akibat situasi covid-19 ini,” ujarnya.

“Ketika LIB dan PSSI sudah umumkan Liga 1 disetop maka klub harus mempersiapkan lagi dan mengorganisir lagi, karena banyak klub yang membubarkan tim. Yang jelas turnamen pramusim ini bukan turnamen abal-abal, pesertanya Liga 1 dan Liga 2,” ucap Menpora.

Menpora berharap PSSI, LIB, klub peserta dan suporter bisa disiplin dengan SOP (standard operating procedure) protokol kesehatan yang sudah disepakati. Jika hal itu bisa ditunjukkan dengan baik, Menpora yakin izin kompetisi bisa diberikan.

“Semoga turnamen pramusim bisa terselenggara dengan baik tanpa masalah. Kalau muncul kasus tapi tidak signifikan, sehingga tidak akan memberikan masalah untuk dikeluarkannya izin kompetisi,” ujar Menpora.

Sementara itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan alasan pemilihan Piala Menpora 2021 sebagai nama turnamen pramusim 2021 adalah agar Menpora Zainudin bisa mensupervisi kekurangan.

“Pak Menpora dan perangkatnya bisa melihat kekurangan yang kami alami. Tentu ini menjadi kemudahan federasi untuk menjembatani dengan pemerintah. Di saat Kapolri sibuk, Pak Menpora bisa ketemu dalam ratas. Menyampaikan kesulitan PSSI.”

“Kami juga sudah memiliki ikon Piala Menpora 2021. Bulan Ramadan di waktu malam akan kami isi untuk menghibur masyarakat setelah tarawih,” ungkap Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule.

Rencananya Piala Menpora 2021 akan digelar 20 Maret-25 April 2021. Pesertanya terdiri dari 18 klub Liga 1 ditambah dua klub Liga 2 yang akan dibagi menjadi empat grup dan masing-masing dipusatkan di satu wilayah.

Dalam permohonannya ke Kepolisian, LIB telah melampirkan Bandung, Malang, Solo dan Sleman sebagai tuan rumah dengan kota lain sebagai alternatifnya seperti Solo, Bandung, Malang dan Palembang. (Red)

Pos terkait