Kembali Geruduk Mabes Polri, AMI Nilai Polda Sumut Banyak Kasus, Kapolda Gak Becus!

Foto: Massa Aksi AMI Menggelar demontrasi di depan Mabes Polri

Jakarta – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Mabes Polri untuk kedua kalinya, mendesak Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Simanjuntak (02/06/2022).

A Rauf selaku Koordinator Aksi menegaskan dalam orasinya harus ada langkah konkrit dari Kapolri untuk menyelamatkan citra Kepolisian di Sumatera Utara.

“Kami kembali kedepan Mabes Polri menyuarakan banyaknya kasus pelanggaran etik dan pidana yang dilakukan personel kepolisian di daerah Sumatera Utara menjadi bukti nyata tidak becus nya  Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Simanjuntak sebagai pucuk pimpinan dalam mengawasi dan memimpin bawahan nya, serta harus ada reformasi birokrasi total dan menyeluruh di tubuh Polda Sumatera Utara untuk memperbaiki citra Kepolisian dimata masyarakat”, tegas Rauf dalam orasinya.

Kasus viral nya oknum Polisi menjebak warga menggunakan Sabu di Binjai menjadi sorotan publik yang menghebohkan juga menjadi cacatan buruk bagi kepolisian Sumatera Utara, ditambah beberapa kasus yang belum lama terjadi seperti kasus suap untuk membebaskan bandar narkoba sebesar Rp. 300jt yang diduga melibatkan Kapolrestabes Medan KBP Riko Sunarto beserta jajaranya, kasus penggelapan uang Rp. 850jt  barang bukti penggeledahan rumah bandar narkoba yang kemudian di bagi bagi ke beberapa oknum personel Polrestabes Medan.

Bacaan Lainnya

Hingga kasus istri seorang tahanan kasus narkoba dicabuli dalam keadaan hamil kemudian juga di peras 30jt oleh RHL seorang penyidik Polsek Kutalimbaru dan masih banyak kasus lainnya.

“Masyarakat akan semakin tidak percaya dan tidak respect terhadap Institusi Polri jika kasus kasus seperti ini terus bermunculan, dan membiarkan Irjen Pol Panca Simanjuntak terus memimpin Polda Sumatera Utara yang sudah terbukti tidak mampu melakukan pengawasan melekat pada jajaran dan wilayah kerjanya.  Kapolri harus mengambil langkah konkrit dan tegas dengan mencopot Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Simanjuntak demi memperbaiki citra Polri dimata publik” tegas A Rauf.

“ini Aksi kedua kami tapi kami pastikan ini bukan aksi yang terakhir kalinya. Minggu depan kami akan turun lagi menggelar aksi sampai Irjen Pol Panca Simanjuntak dicopot dari jabatannya” tutup A Rauf.(red)

Pos terkait