Memaknai “Lanjutkan” di Tengah Jokowi Panaskan Mesin Relawan

Relawan Jokowi adalan basis massa mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Dukungan besar dalam berbagai survei dan menguatnya relawan memberi kekuatan bagi Jokowi bahwa ia memiliki massa riil di tengah klaim parpol memiliki anggota yang loyal.

Melihat ke belakang, formalitas dukungan beberapa partai kecil seperti Nasdem yang ikut mendeklarasikan sebagai capres, membuat partai mayoritas seperti PDIP memberi tiket bagi Jokowi, padahal baru terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, untuk melangkah ke Istana melalui Pilpres 2014.

Basis loyalis relawan itu terus terpelihara hingga tetap solid dan ikut memberi kontribusi kemenangan pada Pilpres 2019. Kini, Jokowi mulai aktif menyambangi relawan itu setelah Covid-19 mereda. Sapaan Jokowi tentu saja memiliki kepentingan terutama dikaitkan dengan tahun politik.

Bacaan Lainnya

Jokowi bagai sudah mulai memanaskan mesin relawan untuk kembali bergerak menyiapkan diri untuk melanggengkan kekuasaan. Langgeng dalam arti mempersiapkan sosok lain yang sesuai keinginan Jokowi atau meneruskan kepemimpinanya yang telah dipegang selama ini.

Pos terkait