Kapolres Jakpus Siapkan Langkah Cepat dan Patroli Mencegah Aksi Begal

Kombes Pol Komarudin Kapolres Jakarta Pusat (ist).

Redaksi Jakarta – Aksi begal kembali terjadi di Jakarta Pusat. Terbaru, seorang pengemudi ojek online atau ojol dibegal di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (12/1/2023) lalu. 

Menanggapi fenomena begal ini, Kapolres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) Kombes Komarudin mengatakan pihaknya langsung menyiapkan langkah cepat. 

“Dengan dibukanya kembali aktivitas masyarakat secara normal, ini geliat aktivitas pelaku kejahatan juga yang mulai menyasar ke berbagai tempat, mencari aktivitas-aktivitas terkait. Ini juga perlu jadi antisipasi,” ujar Komarudin saat dikonfirmasi, Sabtu (14/1/2023).

Menurut Komarudin, jajarannya menganalisis mulai mulai pola waktu, pola lokasi hingga modus operandi begal. Dengan ini diharapkan polisi mampu memetakan dan mencegah aksi begal, termasuk melalui patroli. 

Bacaan Lainnya

“Sehingga pergerakan mereka pun bisa kita mapping titik-titik mana yang bisa kita tambah kekuatan, kita patroli itu pola yang selalu kita lakukan. Dan ini menjadi salah satu kegiatan rutin kita yang memang konsepnya crime prevention,” ucapnya.

Diketahui, Polsek Menteng tengah memburu pelaku pembegalan seorang driver ojol di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Polisi masih mencari kamera CCTV di sekitar lokasi serta melakukan identifikasi ciri-ciri pelaku.

Sebelum ini, seorang wartawan juga menjadi korban pembegalan di sekitar Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Motor korban pun raib dibawa pelaku.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan jumlah kejahatan khususnya begal di wilayah hukum Jakpus meningkat. Hal tersebut dipicu dari meningkatnya aktivitas masyarakat usai transisi dari masa pandemi COVID-19 ke endemi.

“Dengan dibukanya kembali aktivitas masyarakat secara normal, ini geliat aktivitas pelaku kejahatan juga yang mulai menyasar ke berbagai tempat, mencari aktivitas-aktivitas terkait,” kata Komarudin kepada wartawan, Sabtu (14/1/2023).

Pos terkait