Kontainer Pengangkut Logistik F1 Powerboat Telah Tiba di Balige

F1 Powerboat Toba
Mobil Patwal Dirlantas Polda Sumut melakukan pengawalan terhadap kontainer logistik kapal F1 H2O, Senin (14/2/2023). (Foto: Polda Sumut)

Redaksi Jakarta – Sebanyak 16 unit kontainer pengangkut logistik milik para tim peserta event Formula One PowerBoat (F1H2O) tiba di Balige, Kabupaten Toba, Senin (14/2/2023). Pengiriman kontainer tersebut dilakukan dari Pelabuhan Internasional Belawan Medan dengan mendapat pengawalan ketat Polda Sumatera Utara (Sumut).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pengiriman kontainer dibagi atas empat sesi perhari. Masing-masing sesi terdapat dua unit truk kontainer yang dikawal dua mobil patroli milik Direktorat lalu lintas Polda Sumut.

Hadi menyebut, estimasi perjalanan dari pelabuhan hingga lokasi membutuhkan estimasi waktu 8-9 jam dari Medan menuju Balige. “Mulai kemarin untuk logistik para peserta F1 H2O sudah berdatangan dan mulai bergeser dari pelabuhan Belawan menuju Balige,” kata Hadi kepada RRI, Selasa (14/2/2023).

“Adapun teknis dari pengawalan, kita menggunakan setiap 2 kontainer besar itu dikawal oleh patroli PJR dari Dirlantas Polda Sumut. Setiap kontainer itu dikawal oleh satbrimob dan terakhir ditutup satbrimob,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan Hadi Wahyudi, pengawalan ketat dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk berlalu lintas. Terutama saat melintas di akses jalur yang menjadi titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

“Jadi dalam satu pengawalan lebih dari dua kontainer tentu akan memakan waktu dan akan menghambat pengguna jalan lainnya. Jadi teknis ini digunakan agar masyarakat tetap dapat berlalu lintas dengan baik terutama setelah tol Tebing Tinggi menuju ke Balige,” katanya.

Selain pengiriman kontainer kapal motor peserta, personel Polda Sumut akan terus melakukan pengawalan terhadap distribusi logistik lainnya. Hal ini guna mendukung pelaksanaan F1 Powerboat H2O yang berlangsung di Toba.

“Secara bertahap pun proses pendistribusian logistik itu menjadi terus berjalan. Saat ini dan beberapa hari ke depan tentu akan juga dilakukan mekanisme ataupun teknis pengawalan yang baik untuk menjaga keselamatan dan keamanan,” katanya.

Seperti diketahui, ajang balapan F1H2O akan berlangsung di Balige, Toba Provinsi Sumatera Utara pada 24-26 Februari mendatang. Total akan ada 10 tim dari 13 negara akan bertanding pada seri pembuka ajang gelaran F1H2O tahun ini.

Pos terkait