Kementerian ATR/BPN Akan Segera Tindak Tegas Viralnya Gaya Hidup Mewah Kepala BPN Jakarta Timur

Sudarman Kepala BPN Jakarta Timur mempunyai istri berinisial VP yang tampil hedon dan keliling dunia.

Redaksi Jakarta – Akhir-akhir ini ramai perbincangan dan menjadi sorotan di sosial media dan media online terkait penyalahgunaan  jabatan dengan terkuaknya sejumlah harta dan gaya hidup para pejabat tersebut.

Muncul kepermukaan kali ini yang menjadi sorotan ialah Sudarman Harjasaputra Kepala BPN Jakarta Timur. Diketahui Sudarman mempunyai istri berinisial VP yang tampil hedon dan keliling dunia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini sedang menyelidiki kepala BPN Jakarta Timur Tersebut.

Hadi Tjahjanto Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pun akan segera menindak tegas Kepala BPN Jakarta Timur, jika terbukti terjadinya ketidakwajaran harta yang dimilikinya.

“Jika benar-benar terbukti ditemukan ketidakwajaran atau penyimpangan, Menteri ATR/Kepala BPN akan segera menindaklanjuti serta tidak akan segan mengambil langkah tegas,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Kaya Nirmawati dalam keterangan resmi, Jumat (10/3).

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, Menteri ATR/Kepala BPN mempersilakan lembaga berwenang untuk menguji kepatutan dan kewajaran dari harta kekayaan yang bersangkutan.

“Tentu kami akan mendukung dan siap berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait,” lanjut Yulia.

Menurutnya jika benar-benar terbukti ditemukan ketidakwajaran atau penyimpangan, Menteri ATR/Kepala BPN akan segera menindaklanjuti dan mengambil langkah tegas. Hal ini pun telah diperingatkan Menteri ATR/Kepala BPN dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2023 yang berlangsung pada Selasa, 7 Maret 2023 lalu.

Hadi Tjahjanto menekankan agar jajaran di Kementerian ATR/BPN tidak memperlihatkan kemewahan dan/atau sikap hidup yang berlebihan. Hadi Tjahjanto juga mengimbau untuk memperhatikan prinsip-prinsip kepatutan dan kepantasan sebagai rasa empati kepada masyarakat.

“Dalam pembukaan Rakernas tanggal 7 Maret, Bapak Menteri sudah menegaskan arahan Bapak Presiden bahwa tindakan pamer kekuasaan dan kekayaan adalah tindakan yang tidak pantas dilakukan. Semoga hal ini benar-benar diperhatikan,” tutur Yulia Jaya Nirmawati.

Yulia menambahkan Kementerian ATR/BPN senantiasa memegang teguh dan melaksanakan kode etik profesi serta standar pelayanan profesi ASN sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Salah satu etika pejabat atau pegawai dalam bermasyarakat adalah mewujudkan pola hidup sederhana, hal tersebut terus di tanamkan kepada pegawai di internal Kementerian ATR/BPN,” tegasnya.

Terakhir, Yulia Juga berpesan agar jajaran Kementerian ATR/BPN selalu bersikap rendah hati dan merakyat.

“Berikan pelayanan terbaik, selalu senyum, dan ramah. Seperti yang dikatakan Pak Menteri bahwa jabatan yang kita emban hanyalah titipan, tidak ada yang abadi,” pungkas Yulia.(red)

Pos terkait