Gerak Indonesia: Abraham Samad Cs Hanya Cari Panggung

Redaksi Jakarta – Mantan Ketua KPK Abraham Samad dan mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang telah melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait isu kebocoran dokumen penyelidikan. Namun, Samad dan Saut tak berharap banyak kepada Dewas.

Menurut Teddy Direktur Eksekutif Gerakan Rakyat Untuk Keadilan Indonesia (Gerak Indonesia) sudah dijelaskan sebelumnya oleh pimpinan KPK Alexander Marwata misalnya saya terbitkan surat penyelidikan terbuka nih suatu peristiwa yang terjadi, saya kasih tahu emang bocor apa? Terus dampaknya apa terhadap kebocoran surat penyelidikan itu? Nggak ada sama sekali. Karena itu peristiwa sudah terjadi. Kecuali lidik yang sifatnya tertutup, saya sadap A, B, C, kemudian saya kasih tahu, eh kamu disadap loh. Itu bocorin, tapi kalau penyelidikan sifatnya terbuka, case building, apa dampaknya? Saya juga bingung, nggak ada sama sekali,” kata Alex.

Menurut Gerak Indonesia Pernyataan pimpinan KPK Alexander Marwata tersebut sudah sangat terang menerang kalau aksi yang dilakukan Abraham Samad Saut Situmorang, Bambang Widjojanto dan Novel Baswedan hanya mencari sensasi demi mendapatkan panggung sehingga pola yang dilakukan seperti LSM.

Sebelumnya Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi angkat bicara. Dirinya menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar adanya. Menurutnya, Kementerian ESDM menghormati proses pemeriksaan yang tengah dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bacaan Lainnya

“Tidak ada (dokumen penyelidikan KPK) yang ditemukan di ruang Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM. Itu tidak benar. Tidak pernah mendapatkan dokumen atau apapun sebagaimana dimaksud, sebagaimana yang beredar di media massa,” tegas Agung, Jumat (4/7).

“Kalau mereka benar-benar bersih kenapa waktu memimpin di KPK banyak kasus yang tidak selesai dan mereka juga pernah dilaporkan ke Dewas KPK istilahnya menepuk air di dulang terpecik muka sendiri.”, tutup Teddy.(*)

Pos terkait