Kecelakaan Tinggi, Polri Tidak Sarankan Mudik Gunakan Motor

Ilustrasi Pemudik pengguna kendaraan roda dua.

Redaksi Jakarta – Polri kembali menghimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Santyabudi mengatakan, tingkat kecelakaan sepeda motor masih sangat tinggi.

“Sekali lagi kami dari pemerintah, perlu mengingatkan tentang potensi aman keselamatan. Jadi kepada para mereka yang rentan terhadap potensi kecelakaan adalah roda dua,” kata Firman, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Firman menjelaskan, faktor utama yang menyebabkan tingginya kecelakaan pemotor karena kelelahan selama berkendara. Selain itu, kurangnya istirahat dan terlalu banyak membawa barang saat mudik juga menjadi dalang utamanya.

“Kelelahan itu menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan mudik. Jadi harus kita ingatkan, apalagi sampai bawa anak, maksimal dua (orang),” ujar Firman.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, Firman menegaskan, masyarakat bisa menggunakan transportasi publik saat mudik. Menurutnya dengan naik kereta api, bus hingga pesawat terbang, keselamatan pemudik lebih terjamin aman.

“Jadi jangan sampai mekanisme di lapangan itu terganggu, mengganggu orang lain, mengganggu pergerakan. Ini cuti bersama, harus berkesan karena ada kewajiban dan hak dari masing-masing yang harus kita optimalkan,” ucap Firman.

Pos terkait