Strategi Kapolri Dalam Mengamankan Mudik Lebaran 2023 Diapresiasi

Foto Istimewa

Redaksijakarta – Koordinator Nasional Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI), Dinal Gusti mengapresiasi kinerja Kepolisian Republik Indonesia dalam mengamankan jalannya mudik lebaran tahun 2023.

Dinal menyebut, aman dan terkendalinya mudik lebaran tahun ini tidak terlepas dari sejumlah strategi yang dirumuskan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya.

“Kebijakan Kapolri Listyo Sigit beserta jajarannya dalam mengontrol arus mudik lebaran tahun ini patut diapresiasi,” kata Dinal kepada pers, di Jakarta (22/4/2023).

“Strategi Contra flow, one way hingga kebijakan ganjil-genap yang diterapkan di sejumlah daerah–relatif berjalan sesuai dengan harapan para pemudik,” sambungnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Dinal menilai tata kelola arus mudik lebaran tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

“Tata kelola arus mudik lebaran tahun ini bisa dibilang lebih baik dari tahun lalu. Berdasarkan pengamatan kami di sejumlah media massa, tidak ada kemacetan ekstrim yang terjadi di daerah-daerah yang menjadi langganan macet,” lanjut Dinal.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal LSPI, Deni Wahyudi menambahkan, tanggung jawab Polri dalam mengelola arus mudik lebaran 2023 belum tuntas.

“Beberapa hari ke depan, masih ada arus balik lebaran yang musti diantisipasi oleh Polri. Kami pikir bagian ini yang lebih berat,” ungkap Deni kepada wartawan, di Kota Depok (22/4/2023).

“Kita berharap personil gabungan yang dikerahkan mengatur arus mudik dan arus balik lebaran 2023 bisa menjaga kesehatan dan konsentrasinya di lapangan,” tambahnya.

Di akhir kesempatan, Deni menghimbau masyarakat atau para pengguna jalan bisa menjaga kesehatan, serta konsentrasi dan kedisiplinan dalam mengemudi.

“Kesehatan, kedisplinan atau kesadaran para pengguna jalan sangat menentukan kondusifitas dan kenyamanan arus balik nanti. Kita harap hal-hal ini diperhatikan oleh para pemudik,” pungkas Deni.

Pos terkait