Jelang KTT ASEAN, Polri Latihan Pra Operasi Komodo

Mabes Polri menggelar latihan Pra Operasi Komodo Terpusat 2023 untuk pengamanan pelaksanaan KTT Ke-42 ASEAN Summit, di Kantor Bupati Manggarai Barat, NTT, Rabu (3/5/2023). (Foto: Polri).

Redaksi Jakarta – Mabes Polri menggelar latihan Pra Operasi Komodo Terpusat 2023. Latihan tersebut untuk pengamanan pelaksanaan KTT Ke-42 ASEAN Summit, di Labuan Bajo, NTT, tanggal 6-13 Mei 2023.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran mengatakan, latihan di pusatkan di Kantor Bupati Manggarai Barat. Gelaran Latihan Pra Operasi Komodo itu dipimpin langsung Fadil selaku Kepala Operasi.

“Tujuan diadakan latihan ini adalah memberikan pemahamaan dari masing-masing satgas tentang tugas. Fungsi dan peran dari masing-masing unsur yang berada di satgas masing-masing,” kata Fadil dalam keterangan persnya yang diterima wartawan, Rabu (3/5/2023).

Fadil mengungkapkan, masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center Polri. Polri akan menjadi garda terdepan pengamanan dari gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas dan gangguan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Demi menjamin keamanan dan keselamatan seluruh kepala negara dan delegasi yang hadir. Pegang teguh Tribrata dan Catur Prasetya, ikuti latihan praoperasi dengan baik,” ucap Fadil.

Dengan latihan tersebut, Fadil berharap, menciptakan sinergitas erat kepada seluruh penyelenggara KTT ASEAN ini. Pengamanan yang di turunkan Polri melibatkan delapan satgas.

Diantaranya, Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Anti Teror, Tindak, Gakkum, Humas dan Banops. “Satuan yang dilibatkan terdiri dari unsur Mabes Polri, Polda NTT dan bantuan sebanyak 2.657 personel,” ujar Fadil

Hadir juga dalam pelatihan itu, Asops Kapolri Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma. Serta, dihadiri para Kasatgas dan personel gabungan yang tergabung dalam Operasi Komodo Terpusat 2023.​

Pos terkait