Anies: Sebuah Kesempatan Untuk Menengok Kembali Arah Perjalanan Bangsa

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan dalam acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di GBK Senayan, Jakarta.

Redaksijakarta.com – Anies Baswedan membicarakan suksesi pemimpin nasional di Pemilu 2024 yang menurutnya bukan hanya soal meneruskan atau tidak meneruskan program pemerintahan.

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan besutan NasDem, Demokrat, dan PKS itu memandang gelaran pemilu setiap 5 tahun untuk melihat kembali arah bangsa.

Hal ini disampaikan Anies dalam acara deklarasi Relawan Amanat Indonesia (ANIES) di GBK Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023). Anies dan para petinggi partai pengusungnya hadir secara langsung di acara relawan itu.

“Itulah sebabnya bicara tentang kesemakmuran harus konkret. Kami coba wujudkan kemarin di Jakarta. Dan insyaallah, bila Allah nanti takdirkan, tahun depan kita akan merasakan sebuah penentuan arah,” kata Anies dalam pidatonya.

Bacaan Lainnya

Anies mengatakan pemilu yang selama ini digelar menjadi proses penentuan kembali arah bangsa. Dia mengingatkan awal NKRI didirikan dengan cita-cita dari para pendiri bangsa.

“Pemilu 2024 bukan soal meneruskan atau tidak meneruskan sebuah program, bukan. Pemilu 2024, Pemilu 2019, Pemilu 2014, dan pemilu-pemilu lainnya adalah sebuah kesempatan untuk menengok kembali arah perjalanan bangsa. Republik ini didirikan dengan cita-cita, janji, menghadirkan keadilan bagi semua,” kata Anies.

Masih dalam pidatonya, Anies menekankan kemerdekaan RI bukan sekadar menghentikan kolonialisme. Menurutnya, kemerdekaan RI selama 77 tahun ini untuk menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

“Kita harus ingat, merdeka bukan hanya untuk mengguling kolonialisme. Merdeka adalah untuk menggelar keadilan bagi semuanya. Menggelar kesejahteraan bagi semua,” ujarnya.

Pos terkait