Keterwakilan Bacaleg Perempuan DPR PDIP Capai 33 Persen

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat ingin memasuki Gedung KPU RI untuk mendaftarkan bacaleg DPR RI di Pemilu 2024, di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Redaksijakarta.com – Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memastikan, keterwakilan perempuan bakal calon legislatig (bacaleg) DPR RI mencapai target. Bahkan, bacaleg DPR RI perempuan PDIP mencapai 380 orang yang akan mengikuti Pemilu 2024.

“Adapun komposisi dari 580 calon, sebanyak 380 caleg perempuan atau 33 persen. Semua dalam satu semangat untuk memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2024,” kata Hasto seusai melakukan pendaftaran bacaleg DPR RI, di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Hasto mengungkapkan, PDIP merekrut bacaleg di Pileg 2024 dari kalangan akademisi. Tidak hanya itu, purnawirawan TNI dan Polri juga direkrut untuk meningkatkan kualitas pemilu mendatang.

“Dalam meningkatkan kualitas anggota dewan, merekrut kalangan kalangan akademisi ada sekitar 73 orang. TNI-Polri purnawirawan ada 17 orang, budayawan seniman dan artis 14 orang,” ujar Hasto.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Hasto mengaku, sebagian besar bacaleg PDIP adalah kader partai proses melalui pendidikan politik. Juga, kaderisasi kepemimpinan secara berlebih yang termasuk kepala daerah yang sudah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

“Mengingat partai juga melakukan secara sistemik dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun. Sebagai komitmen dan perjuangan, tugas sebagai anggota dewan harus dipersiapkan memperkuat pemahaman terhadap pertahanan dan keamanan negara,” ucap Hasto.

PDIP resmi mendaftarkan baceleg DPR RI ke kantor KPU Pusat untuk memperebutkan kursi di Pemilu 2024 mendatang. Jajaran pengurus pusat hingga relawan PDIP sampai di kantor KPU, sekitar pukul 10.00 WIB.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pendaftaran seluruh bacaleg PDIP DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota dilakukan serentak. Partai berlambang banteng itu, menargetkan menang pada Pileg 2024 di seluruh provinsi dan daerah.

“Semua dalam satu semangat untuk memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2024. Sehingga, kepemimpinan di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional senafas dengan kepemimpinan Bung Karno dan Pak Jokowi (Presiden RI Ke-7),” kata Hasto.

Hasto mengungkapkan, seluruh calon dipersiapkan dengan baik memenangkan Pemilu 2024. Terlebih, kini PDIP telah mengusung Ganjar Pranowo selaku kadernya sebagai capres di Pilpres 2024.

“Tentu saja, tidak melupakan bagaimana mengingat pileg dan pilpres berjalan secara serentak. Megawati telah menetapkan Ganjar sebagai capres, tentu saja ini akan diperjuangkan oleh kawan-kawan anggota DPR PDIP,” ucap Hasto.

Pos terkait