KMP-Reformasi: Zulkifli Hasan Gagal Bersihkan Makelar di Kemendag, Ada Apa?

Foto: KMP-Reformasi melalukan aksi demontrasi didepan gedung Kemendag RI

Redaksi Jakarta – Puluhan massa yang tergabung dalam Komite Mahasiswa Pemuda Reformasi (KMP-Reformasi) melakukan aksi demontrasi terkait carut marut impor Holtikultura di Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang dipimpin oleh menteri Zulkifli Hasan.(25/05).

“Lemahnya perlindungan pada petani membuat ketergantungan (Indonesia) pada pangan impor semakin tinggi. Kedaulatan pangan pun makin rapuh.”, pungkas Korlap Safarudin Kabid Bidang Hukum dan HAM KMP REFORMASI.

Dalam teknis pelaksanaan impor, pemerintah harus menyusun indikator impor secara ketat. Neraca komoditas tak cukup.

“Artinya, pemerintah perlu membenahi data stok pangan di tingkat produsen dan distributor, termasuk pedagang, secara nasional. Stok pangan yang dikuasai swasta mesti dihitung dengan cermat. Pergerakan harga juga patut menjadi pertimbangan.”, ujar Safarudin.

Bacaan Lainnya

Menurut Safarudin impor benar-benar seharusnya menjadi pilihan terakhir dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional. Pemerintah seharusnya melindungi komoditas pangan yang dapat diproduksi oleh petani di dalam negeri. Sebab, langkah importasi justru dapat memengaruhi produktivitas dan produksi dalam negeri.

“Carut marut impor holtikultura masih terus terjadi di Indonesia dari tahun ke tahun mengingat adanya makelar makelar yang ikut bermain dalam kegiatan impor holtikultura.”, tegas Safa dalam orasinya.

KMP Reformasi menilai bahwa Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan seharusnya mampu untuk menekan dan membersihkan Makelar-makelar dari kegiatan impor holtikultura agar tidak terjadi impor yang berlebihan sehingga mengakibatkan kerugian terhadap petani dalam negeri.

“Zulkifli Hasan selaku Mendag sampai saat ini belum juga menunjukkan taring dan keseriusan nya dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan impor holtikultura.”, tutupnya.

Berikut Tuntutan Aksi Demontrasi KMP-Reformssi:

  1. Presiden Joko Widodo segera mencopot Menteri Zulkifli Hasan karena diduga gagal total menstabilkan impor Holtikultura.
  2. Carut marut impor Holtikultura di Kemendag RI diduga kuat adanya ketidakseriusan Menteri Zulkifli Hasan dalam bekerja di kabinet kerja Jokowi.
  3. Stop makelar impor di Kemendag RI
  4. Meminta Menteri Zulkifli Hasan mundur.

Pos terkait