Rifqinizamy Nilai Ucapan Denny Indrayana Spekulatif Bisa Pengaruhi Psikologis Hakim MK

Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda.

Redaksi Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI, Rifqinizamy Karsayuda, menilai pernyataan Eks Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana soal Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan gugatan Pemilu 2024 bakal berjalan secara sistem proporsional tertutup kurang pantas secara etika.

Menurut Rifqi, apa yang diucapkan Denny bersifat spekulatif tetapi bisa saja memengaruhi psikologis para hakim MK.

Rifqi bicara soal bagaimana perlunya MK menelusuri siapa yang memberi informasi tersebut kepada Denny.

“Siapa pun pihak di MK yang memberikan insider atau info kepada Prof Denny saya kira perlu untuk ditelusuri dan diperiksa oleh dewan etik MK,” kata Rifqi saat dihubungi, Senin (29/5/2023).

Bacaan Lainnya

Pasalnya, Rifqi menilai siapapun tidak boleh ”mengintervensi” satu keputusan pengadilan, dalam hal ini apa pun putusan MK.

“Apa yang disampaikan Prof Denny memengaruhi psikologi para hakim baik yang pro maupun yang kontra terhadap sistem terbuka maupun tertutup. Dimana  sidang permusyawaratan hakim dan putusannya belum disampaikan kepada publik,” pungkas Politisi PDIP tersebut.

Sebelumnya, Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana membocorkan informasi pribadi yang diterima dirinya soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sistem Pemilu Legislatif.

Denny mengaku mendapatkan informasi kalau MK bakal memutuskan gugatan Nomor 114/PPU/XX/2022 terkait sistem pemilu dengan putusan proporsional tertutup.

“Pagi ini saya mendapatkan informasi penting. MK akan memutuskan pemilu legislatif kembali ke sistem proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja,” tulis Denny dalam akun Instagram pribadinya @dennyindryana99, dikutip Minggu (28/5/2023).

Denny menyebut putusan itu diambil setelah adanya dissenting opinion atau perbedaan pendapat dalam menjatuhkan putusan antara hakim MK.

Pos terkait