Dugaan Korupsi Kementan, Presiden Tekankan Kehati-hatian Kelola Anggaran

Presiden Joko Widodo memberi tanggapan terkait pemeriksaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh KPK di Pasar Menteng Pulo, Kamis (15/6/2023).

Redaksi Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). Kasus tersebut diduga menyeret nama Menteri Pertanian (Mentan) SYL.

Menanggapi hal tersebut, Presiden menyebut dirinya selalu menekankan kepada jajarannya untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan negara. “Tanyakan ke sana (KPK),” kata Presiden menjawab pertanyaan ini ketika ditemui di Pasar Menteng Pulo Jakarta Selatan, Kamis (15/6/2023).

“Karena kita mengelola anggaran Kementerian ini gede banget, harus diawasi, harus dikontrol, harus dicek. Bolak-balik saya sampaikan, sekecil apapun uang itu,” ujar Presiden lebih lanjut.

Bagi Presiden, kasus yang berkaitan dengan para menterinya tetap menjadi kewenangan para penegak hukum. “Kalau urusannya penegak hukum, ya tanya penegak hukum, jangan ditanyakan ke saya,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, KPK saat ini sedang menyelidiki dugaan korupsi di Kementan. Dugaan korupsi ini disebut-sebut menyeret nama Mentan SYL.

KPK sendiri akan mengagendakan pemeriksaan terhadap Mentan. Pemeriksaan akan dilakukan pada Jumat (16/6/2023) esok.

“Benar (pemanggilan). Dijadwalkan untuk hadir besok Jumat jam 09.30 wib di Gedung Merah Putih KPK,” ujarnya.

Ali mengatakan, tim penyelidik telah mengirimkan surat pemeriksaan terhadap Mentan. “Informasi yang kami peroleh, surat sudah dikirimkan ke yang bersangkutan,” ucapnya.

Meski demikian, KPK hinggsa saat ini enggan memberi keterangan lebih rinci terkait para pejabat yang kemungkinan terseret dalam dugaan korupsi ini. Selain itu, KPK juga tidak merinci kasus dugaan korupsi yang sedang diselidik.

“Mohon maaf belum ada yang bisa kami sampaikan. Mohon bersabar agar tidak mengganggu proses penyelidikan,” kata Plt Deputi Penindakan KPK, Asep Guntur dalam keterangannya, Rabu (14/6/2023).

KPK menjelaskan, penyelidikan dugaan korupsi di Kementan ini merupakan tindak lanjut atas laporan masyarakat yang diterima lembaga antirasuah. Oleh karena itu, KPK menindaklanjuti laporan tersebut pada proses penegakan hukum.

Meski demikian, KPK belum dapat menjelaskan dugaan korupsi di Kementan yang sedang ditelisik. Hal ini lantaran perkara tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

Pos terkait