KPK Tepis Isu Politik Terkait Penyelidikan di Kementan

Foto: plt jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (15/6/2023).
Redaksi Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menepis anggapan kasus dugaan korupsi terkait Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait Pilpres 2024. KPK saat ini memang tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan.
“Bisa dimaklumi karena memang sudah masuk menjelang tahun politik 2024. Tapi kami pun harus ingatkan, stop narasi berbasis asumsi tersebut,” kata plt jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (15/6/2023).
KPK, kata Ali, memahami penanganan perkara yang dilakukan lembaga antikorupsi kerap dikaitkan dengan politik. Namun, Ali menekankan, KPK tidak akan terpengaruh dengan politik dan hal lainnya.
Ditekankan, KPK menangani suatu perkara dan menetapkan seseorang sebagai tersangka hanya berdasarkan kecukupan alat bukti. “Kami pertanggungjawabkan nantinya di persidangan,” tegasnya.
Ali menyatakan, sudah banyak contoh perkara yang selalu dinarasikan kriminalisasi dan politis, namun itu semua tidak terbukti. “Hanya asumsi pihak-pihak tertentu yang berkepentingan atas perkara dimaksud,” katanya.
Muncul narasi yang mengaitkan kasus Syahrul Yasin Limpo dengan Pilpres 2024. Hal ini mengingat Syahrul Yasin Limpo merupakan politikus Partai Nasdem yang telah mendeklarasikan mendukung capres Anies Baswedan.

Pos terkait