Puteri Komarudin Minta Pemuda Dilibatkan dalam Perencanaan Pembangunan

Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Anetta Komarudin saat berbicara dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (Foto: Dokumentasi/Parlementaria/Man)

Redaksi Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin meminta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melibatkan pemuda dalam perencanaan pembangunan. Sebab, menurutnya, posisi pemuda sangatlah krusial dalam menentukan arah pembangunan.

“Dari segi jumlah, pemuda mendominasi jumlah penduduk hingga 54 persen, termasuk untuk 20 tahun ke depan. Belum lagi, kita nanti dihadapkan dengan bonus demografi,” katanya, dikutip dari Parlementaria, Sabtu (17/6/2023).

Puteri menilai, perencanaan pembangunan nasional wajib mendengar aspirasi dan kebutuhan pemuda. Mengingat yang nantinya akan merasakan dan menjalankan agenda pembangunan yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

“Apalagi beberapa isu ke depan juga akan menjadi tantangan utama bagi pemuda,” ujarnya. “Mulai dari lapangan kerja terancam otomasi, kesetaraan gender, rendahnya partisipasi pemuda dan perempuan di politik, hingga perubahan iklim”.

Bacaan Lainnya

Presiden RI, Joko Widodo telah meresmikan peluncuran RPJPN 2025-2045, pada Kamis pekan ini. Dokumen perencanaan untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 tersebut disusun Kementerian PPN/Bappenas.

Dokumen ini berfungsi sebagai pedoman pembangunan secara nasional selama 20 tahun mendatang. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengingatkan agar memanfaatkan peluang bonus demografi supaya tidak menimbulkan bencana nantinya.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Pos terkait