Usai Diperiksa KPK, Mentan: Saya Akan Kooperatif

Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan usai rampung jalani penyelidikan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).

Redaksi Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah rampung menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diklarifikasi terkait penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang saat ini sedang didalami KPK.

Usai diperiksa kurang lebih 3,5 jam dirinya mengaku, sudah memberiksan informasi terkait penyelidikan dugaan korupsi di Kementan. Ia juga akan koperatif terkait kasus ini.

“Saya sudah diperiksa secara profesional. Saya terima kasih dan saya tetap akan koperatif dan siap hadir kapan pun dibutuhkan, saya siap hadir,” kata Mentan usai menjalani pemeriksaan, di Gedung Merah Putih KPK, Senin (19/6/2023).

Dalam keterangannya, dirinya juga menjelaskan alasan tidak bisa hadir dipanggil penyelidik KPK beberapa waktu lalu. Hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK yang selama ini dua kali sebelumnya telah dalam kegiatan terkait kegiatan negara dapat kerja,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

“Yang berakhir saya harus G20 dan banyak pertemuan yang harus dilakukan, tetapi walaupun kegiatan sampai tanggal 27 berbagai kegiatan. Tidak bisa diselesaikan 20 hari ini saya memenuhi panggilan itu secara baik alhamdulillah pemanggilan sudah jalan,” ucapnya.

Mentan menyebut KPK sudah profesional dalam penyelidikan ini. Dia mengatakan sudah menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan penyidik lembaga antirasuah.

“Saya kira apa yang dilakukan KPK sudah sesuai dengan SOP dan saya sudah jawab dengan apa yang saya bisa jawab,” ujarnya. Seperti diketahui, KPK saat ini sedang menyelidiki dugaan korupsi di Kementan.

“Saat ini masih proses lidik,” kata Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan KPK, Asep Guntur dalam keterangannya, Rabu (14/6/2023). Asep pun enggan memberi keterangan lebih rinci terkait para pejabat yang kemungkinan terseret dalam dugaan korupsi di kementerian tersebut.

Meski demikian, KPK belum dapat menjelaskan dugaan korupsi di Kementan yang sedang ditelisik. Hal ini lantaran perkara tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

Pos terkait