DPR Minta Kemendes Evaluasi Kinerja Pendamping Desa

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Muhammad Iqbal saat memimpin rapat dengan Kementerian Desa di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/6/2023) (Foto: Parlementaria/Arief/Man)

Redaksi Jakarta – Komisi V DPR RI meminta Kementerian Desa (Kemendes) dan PDTT melakukan evaluasi terhadap kinerja tenaga pendamping desa. Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyampaikan itu, poin rapat dengan Komisi V DPR dengan Kemendes.

Iqbal menyatakan, Komisi V DPR juga meminta Kemendes mengevaluasi hasil kerja dari tenaga pendamping desa. “Laporkan hasilnya kepada Komisi V DPR RI,” katanya, dikutip dari Parlementaria, Kamis (22/6/2023).

Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady dalam rapat berharap, fokus kinerja pendamping desa hanya untuk satu kepentingan. Ia ingin pendamping desa fokus memajukan desa dan tidak terintervensi oleh kepentingan tertentu.

“Sebelum tahun 2024, untuk kita putuskan anggaran pendamping, berikan alasan-alasan pembenar yang meyakinkan kami,” ujar Hakma. “Bahwa pendamping desa dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk kemajuan desa, mengontrol program desa untuk kemajuan desa itu sendiri”.

Bacaan Lainnya

Ia pun berharap Sekjen Kemendes dan seluruh jajaran untuk tetap fokus memajukan semua desa di Indonesia. “Ingat Pak bahwa tugas Bapak itu berat, seluruh desa menjadi harapan bagaimana pembinaannya ke bawah,” ucapnya.

Pos terkait