HUT DKI ke-496 Jadi Momen Refleksi dan Evaluasi

Foto: Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga.(foto/ist redaksi jakarta).

Redaksi Jakarta – DKI Jakarta merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 yang jatuh pada hari Kamis (22/6/2023).

Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga, menyampaikan harapannya agar Budaya Betawi di Jakarta semakin digali dan diperkuat, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat dimulai dari pegawai Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Seperti pengunaan pakaian adat Betawi bagi pegawai yang bertugas melayani warga Jakarta.

“Di Jakarta, budaya Betawinya belum sekuat itu. Ini yang harus mulai disiapkan dan digali kembali. Budaya apa yang bisa ditransformasi dalam kehidupan sehari-hari. Paling tidak seminggu sekali seluruh petugas Pemda DKI termausk yang di MRT, LRT, atau di TransJakarta yang masuk pelayanan publik itu berpakaian Betawi. Sehingga masyatakat Jakarta merasa bahwa kita tinggal di daerah dengan kultur Betawi yang kuat,” katanya.

Selain itu, di HUT ke-496, sejumlah persoalan masih terus merundung DKI Jakarta yang menjadi Ibu Kota negara ini. Nirwono menilai hari ulang tahun ini seharusnya menjadi momen untuk refleksi dan evaluasi atas kerja-kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam setahun terakhir. Hal ini dilakukan agar terjadi perubahan positif, sehingga menjadikan DKI Jakarta semakin maju.

Bacaan Lainnya

“Justru di HUT Jakarta ini kita harus berani melakukan refleksi untuk menentukan Jakarta mau jadi apa, kemudian melakukan apa. Jangan lupa dievaluasi selama setahun kemarin sampai sekarang, pemerintah DKI ngapain aja,” ujarnya.

Pos terkait