Kemenparekraf: Piala Dunia U-17 Berdampak Positif pada Pariwisata

FIFA secara resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun 2023 menggantikan Peru (Foto: Istimewa)

Redaksi Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut event Piala Dunia U-17 akan berdampak positif bagi kebangkitan ekonomi nasional. Terutama pada sektor pariwisata di dalam negeri.

Demikian dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Frans Teguh dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Jumat (30/6/2023). “Ini sangat positif  bagi sektor pariwisata, itu kan semakin banyak event-event berkualitas dan berstandar internasional,” kata Frans.

Untuk itu, menurutnya, Indonesia harus menjaga kepercayaan FIFA atas kepercayaannya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 ini. Dengan menjadi tuan rumah yang baik, kata dia, Indonesia akan diperhatikan dunia internasional.

“Ini akan menimbulkan semacam apresiasi orang, oh Indonesia bagus toh. Indonesia hebat dan layak untuk dikunjungi,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Sehingga, kata dia, dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 ini akan berdampak secara ekonomi, sosial dan budaya. Apalagi, Indonesia juga mmempunyai modal yang bagus ketika menjadi Presidensi G20 dan KTT ASEAN serta event balap MotoGP.

“Ini sekaligus ada dampak multiplier effect yang bisa menciptakan lapangan kerja,”  ujarnya. Karenanya, Indonesia harus memanfaatkan dengan dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 ini.

Menurutnya, negara juga akan mendapatkan devisa dari perhelatan tersebut. “Nilai devisa akan naik termasuk pergerakan ekonomi nasional dan daerah,” kata Frans.

Kemenparekraf, kata dia, akan mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki Indonesia dalam momentum Piala Dunia U-17 ini. Menurut Frans, destinasi wisata Indonesia yang beragam akan mendapatkan respons positif dari pendukung negara-negara yang ikut dalam ajang tersebut.

“Kita punya pulau yang indah, pantai, seni budaya. Dan jangan lupa kita punya makanan gastronomi sesuatu yang membanggakan,” ujarnya.

Ia meyakini hal itu akan berkesan bagi pengunjung dan negara peserta Piala Dunia U-17 pada nantinya. Selain itu, para pemain sepak bola peserta Piala Dunia U-17 akan mendapat pengalaman yang berkesan.

Diketahui, Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Pos terkait