Komnas HAM Sambangi Bawaslu RI Bahas Pemilu 2024

Komnas HAM saat sambangi Kantor Bawaslu RI bahas pemilu 2024. (Foto: Humas Komnas HAM)

Redaksi Jakarta – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengunjungi Bawaslu RI pada Selasa (25/7/2023). Hal ini dilakukan untuk membahas penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Untuk pertama kalinya, kami Komnas HAM periode 2022-2027 berkunjung ke Bawaslu RI. Tujuannya, untuk berdiskusi terkait makin dekatnya tahun politik,” kata Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro saat melakukan konferesi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023).

Menurut Atnike, pertemuan ini sudah pernah dilakukan saat penyelenggaraan Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas. Selain itu, Atnike juga memastikan Pemilu 2024 menjamin perlindungan dan penghormatan hak asasi seluruh masyarakat Indonesia.

“Kunjungan ini untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar. Kunjungan ini juga sebagai tindak lanjut dari komitmen Komnas HAM dan Bawaslu untuk memastikan perlindungan dan penghormatan HAM,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Atnike mengatakan bahwa Bawaslu RI memiliki tugas dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu. Sementara, Komnas HAM memiliki tugas untuk memantau agar situasi HAM tetap terjamin saat penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Dalam konteks hak politik, kami juga memiliki tugas untuk memastikan bahwa hak politik setiap warga negara dapat dipenuhi. Kemudian, kami juga memberikan perhatian terhadap upaya-upaya pemajuan dan perlindungan dari hak kelompok rentan dan marjinal dalam pemilu,” ucapnya.

Pos terkait