Bukan Hanya Soal Kesuburan, Ternyata Ini Manfaat Taoge

Redaksi Jakarta – Taoge atau biasa dikenal toge merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik dalam biji. Secara umum, taoge berasal dari kacang hijau yang telah berkecambah, dan kerap menjadi bahan berbagai masakan Asia.

Namun, ternyata taoge tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan melainkan untuk kesehatan secara keseluruhan. Contohnya meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, elastisitas kulit, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat taoge yang dirangkum Halodoc, diantaranya.

1. Kesehatan Pencernaan

Bacaan Lainnya

Taoge adalah makanan yang mengandung vitamin C, zat besi dan zink. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut sejumlah ahli meyakini, bahwa zat gizi yang terkandung cukup mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Hal inilah yang kemudian menjadikan sayuran ini sebagai pilihan makanan saat seseorang tengah mengalami masalah pencernaan. Selain itu, kandungan enzimnya juga dapat melancarkan proses metabolisme.

2. Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh

Rutin mengonsumsi taoge dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sebab, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu mempertahankan dan menyeimbangkan jumlah sel dalam darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Para ahli juga berkeyakinan jija mengonsumsi taoge secara konsisten dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab, taoge termasuk jenis makanan yang banyak mengandung lemak omega-3.

Lemak baik ini dapat membantu memerangi lemak jahat dalam tubuh, dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. Menariknya lagi, sayuran ini juga kabarnya mampu membantu mencegah terjadinya stroke.

Kandungan kalium dalam tumbuhan tersebut dapat memberi efek tenang pada arteri pembuluh darah. Alhasil, sirkulasi dan peredaran oksigen dalam tubuh menjadi lebih lancar.

4. Mencegah kanker

Para ahli berkeyakinan jika protein dan peptida dalam taoge juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Sebab, kedua nutrisi ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Termasuk yang terkait dengan kanker payudara, leukemia, dan kanker sistem pencernaan. Kendati demikian, efektivitas manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih mendalam.

5. Dapat menjaga kesehatan mata

Taoge memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dari berbagai gangguan. Contohnya seperti melindungi mata dari radikal bebas, hingga mengurangi risiko akan degenerasi fungsi mata akibat pertambahan usia.

6. Menjaga kesehatan kulit

Tingkat antioksidan pada taoge tergolong tinggi. Senyawa fenolik padanya berpotensi dapat mengurangi aktivitas radikal bebas di seluruh tubuh.

Antioksidan juga dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan. Serta dapat menghilangkan bekas luka, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pos terkait