Percepat Penurunan Kemiskinan, Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp493,5 Triliun

Redaksi Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp495,3 trilun untuk anggaran perlindungan sosial tahun 2024 mendatang. Anggaran tersebut nantinya digunakan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan di Indonesia.

“Untuk mempercepat penurunan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan, serta pembangunan SDM jangka panjang untuk memutus rantai kemiskinan. Anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp493,5 triliun,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidato tentang RAPBN Tahun Anggaran 2024 Beserta Nota Keuangannya di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Sejalan dengan anggaran tersebut, kata Presiden, reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada penyempurnaan perlindungan sosial. Diantaranya subsidi tepat sasaran dan berbasis target hingga perbaikan basis data penerima manfaat.

“Antara lain melalui penguatan data registrasi sosial ekonomi, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024,” ujarnya. Sementara untuk mendorong produktivitas, mobilitas dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan, pemerintah menyiapkan anggaran infrastruktur Rp422,7 triliun.

Bacaan Lainnya

Anggaran tersebut nantinya diarahkan untuk penyediaan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas. Berikutnya peningkatan jaringan irigasi melalui pembangunan bendungan, saluran irigasi primer, sekunder, dan tersier.

Selanjutnya penyediaan infrastruktur di bidang energi dan pangan yang terjangkau, dan berkelanjutan; pemerataan akses Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terakhir mendukung proyek-proyek strategis, termasuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pos terkait