BI DKI Jakarta: Perkuat Pertumbuhan Ekonomi dengan Sinergi dan Kolaborasi

Redaksi Jakarta – Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengatakan, untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menjaga pengendalian inflasi di DKI Jakarta, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan pihak terkait. Diantaranya dengan menjaga stabilitas harga, mendorong kinerja Investasi, mendorong Digitalisasi UMKM, dan lektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah.

“Dibutuhkan juga akselerasi integrasi ekonomi keuangan digital dan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui Implementasi program Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Serta penyelenggaraan event-event yang masif di DKI Jakarta, antara lain PQN 2023 dan peluncuran fitur QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai), yang berpotensi meningkatkan pemahaman masyarakat, jumlah pengguna dan jumlah transaksi QRIS di DKI Jakarta,” kata Arlyana, saat acara puncak Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023, di Jakarta, Minggu (20/8/2023).

Lebih lanjut Arlyana menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dan stakeholders terkait menyelenggarakan berbagai macam kegiatan, antara lain:

1) Festival Kuliner Nusantara di Lippo Mall Puri.

Bacaan Lainnya

2) QRIS Experience di Area PIK Pantjoran.

3) Showcase & QRIS Experience. Digitalisasi Integrasi Moda Transportasi Jakarta pada penyelenggaraan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023, dan Pencanangan QRIS di Lippo Mall Puri dalam PQN 2023 di DKI Jakarta.

Arlyana mengungkapkan, QRIS sebagai kanal pembayaran digital berpotensi besar membawa UMKM masuk ke ekosistem digital Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing UMKM dan memperkuat perekonomian nasional.

“Melalui percepatan akseptasi digitalisasi pembayaran, salah satunya QRIS, diharapkan seluruh pihak terus berkolaborasi meningkatkan pembayaran transaksi secara digital sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Barat Imron menyatakan, bahwa Pemerintah Kota Jakarta Barat mendukung QRIS sebagai kanal pembayaran bagi pelaku UMKM melalui program pemberdayaan UMKM Jakpreneur.

“Menurutnya, pada 2023 telah terselenggara 58 kegiatan bazar dengn total peserta 1.826 orang di tingkat kota dan kecamatan wilayah Jakarta Barat, dengan QRIS sebagai kanal pembayarannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam rangkaian HUT RI Ke-78, Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan awareness dan akseptasi digitalisasi pembayaran, antara lain Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), di seluruh wilayah Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dengan stakeholders.

Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah melalui Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023 yang diselenggarakan serentak oleh 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 14-20 Agustus 2023. Adapun tema dari PQN 2023 adalah “Wujudkan Semangat 45 ! QRISnya Satu, Menangnya banyak!.

Pos terkait