Angka Stunting di Jawa Barat Menurun, Rizki Apriwijaya: Semua Ikut Andil Berkontribusi dan Berkolaborasi

Foto: Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Rizki Apriwijaya.

REDAKSIJAKARTA.COM – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Rizki Apriwijaya mengatakan penurunan angka stunting di Jawa Barat dikarenakan banyak faktor. Salah satunya adalah semua pihak ikut andil dengan berkoordinasi dan berkolaborasi. Sehingga bisa optimal dan berdampak pada penurunan tingkat nasional.

“Semua bisa ikut andil dalam kegiatan penurunan stunting. Semua berkoordinasi dan berkolaborasi memaksimalkan mengoptimalkan. Kita tahu Jawa Barat masyarakatnya banyak,” ujarnya.

“Stunting berkurang akan berdampak bagus angka secara nasional. Penurunan secara nasional. Karena berdampak baik kalau di Jabar bisa maksimal,” kata Rizki Apriwijaya di Depok, Jumat (25/8/2023).

Menurut Anggota DPRD Jawa Barat dapil Kota Depok dan Bekasi ini penurunan stunting di Jawa Barat khususnya menjadi tanggung jawab bersama. Artinya tidak semua tupoksi dalam penurunan hanya satu dinas di Jawa Barat namun semua dinas berkontribusi membantu menurunkan angka stunting.

Bacaan Lainnya

“Saya pikir ini menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya tupoksi dinas kesehatan. Semua dinas berkontribusi dalam penurunan stunting di Jawa Barat,” tuturnya.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan angka stunting di Jawa Barat memperlihatkan penurunan yang baik.

Rizki menyebutkan angka stunting di tahun 2021 menunjukkan angka 24 persen menjadi 21 persen di tahun 2022.

“Sekarang tahun 2023 kurang lebih sekarang tahun 19 persen. Target ke depan harapan kita bersama agar zero stunting wilayah kita,” tuturnya.

Dirinya menjelaskanbstunting ini bukan suatu penyakit tapi kebiasaan yang harus diubah di masyarakat.

“Harus diubah kebiasaan. Seperti mencegah pernikahan dini. Juga penyebab terjadinya stunting bisa jadi kurang perhatian orang tua terhadap anaknya karena kesibukan dan hal lain seperti keterbatasan ekonomi sehingga gizi dan protein anak kurang terpenuhi,” pungkasnya.

 

Pos terkait