Ambulance Di Puskesmas Siabu Rusak, Warga Mengeluh

Redaksi Jakarta, Madina – Ambulance merupakan armada pada pelayanan kesehatan untuk kebutuhan emergency (darurat) pasien. Namun ambulance di puskesmas kecamatan Siabu kabupaten Mandailing Natal, Sumut dalam kondisi rusak. Mobil ambulans yang seharusnya bisa membawa pasien ke tempat pelayanan kesehatan yang fasilitas lengkap atau rumah sakit mengalami kerusakan parah dan membuat pasien kebingungan untuk menuju fasilitasi lengkap yang lain untuk rujukan.

Rusaknya ambulance tersebut dibenarkan kepala puskesmas ( Kapus) Siabu, Emmi Eva Wani.

“Ambulance puskesmas Siabu rusak sekita seminggu yang lalu dan masih diperbaiki di bengkel” ungkapnya, by WhatsApp, Senin, (28/08/2023).

Tidak dijelaskan kapus Siabu secara rinci kerusakan ambulance tersebut dan dimana bengkelnya.

Bacaan Lainnya

Informasi dihimpun ambulance tersebut sedang ada di bengkel desa Bange.

Ditempat berbeda, Camat Siabu Syukur Soripada membenarkan juga ambulance puskesmas Siabu memang rusak dan masih di bengkel.

“Kita sudah kordinasi dengan kapus Siabu terkait ambulance ini, pihak Puskesmas sudah mengusulkan ambulance ke Dinas kesehatan Madina. kita sarankan juga untuk menghantar tembusan kepada Badan Pengelola keuangan aset daerah ( BPKAD) Madina serta meminta ada solusi pengadaan ambulance jikalau ada ambilkan di kabupaten untuk dipergunakan sementara puskesmas Siabu dan berharap pengadaan ambulance baru tahun depan” imbuhnya.

Seterusnya Ringgo Siregar ketua Karang Taruna Siabu berharap ambulance untuk puskesmas Siabu segera diadakan.

“Lebih dari 54 ribu jiwa di kecamatan Siabu, pasti diantaranya banyak yang membutuhkan pelayanan itu. Tidak semua penyakit atau pasien darurat bisa ditangani puskesmas Siabu. Dengan sigap ambulance bisa bergerak cepat merujuk pasien ke pelayanan kesehatan yang lengkap” ujarnya.

Dijelaskan Ringgo, dari banyak laporan warga kecamatan Siabu terkadang banyak pasien rujuk memakai angkutan umum ( angkot) serta memakai kendaraan pribadi.

“Warga Siabu bisa dikatakan belum kategori menengah keatas dan dipastikan sangat butuh adanya ambulance. Banyak warga yang mengeluhkan hal tersebut” tambahnya

Ringgo berharap pengadaan dan penambahan ambulance di puskesmas Siabu disegerakan(s.n)

Pos terkait