Forum Pemuda Peduli Demokrasi Minta Generasi Muda Untuk Ciptakan Pemilu 2024 yang Kondusif

Tangkap layar Diskusi Online oleh Forum Pemuda Peduli Demokrasi "Peran Pemuda Dalam Menciptakan Pemilu 2024 Yang Kondusif Tanpa Politik Identitas". (Foto/ist)

Redaksi Jakarta – Forum Pemuda Peduli Demokrasi kembali menggelar kegiatan diskusi online. Tema kali ini, menyoroti soal bahayanya gerakan politik identitas jelang pemilu 2024. Acara dengan mengangkat tema “Peran Pemuda Dalam Menciptakan Pemilu 2024 Yang Kondusif Tanpa Politik Identitas” ini diikuti oleh beberapa perwakilan kampus yang ada di DKI Jakarta dan Banten, dari kelompok organisasi kepemudaan pun tidak luput untuk hadir berpartisipasi diskusi online ini.

Pemilih milenial atau pemuda dalam perhelatan pesta demokrasi Pemilu pada tahun 2024 mendatang memang menjadi sangat penting karena akan mampu turut serta dalam menentukan bagaimana arah bangsa ke depannya.

Perjalanan demokrasi di Indonesia menghadapi sebuah tantangan yang sangat besar, salah satunya yakni merebaknya kepentingan politik identitas yang dapat memecah belah serta menimbulkan polarisasi yang sangat tajam antar anak bangsa.

“Kepentingan politik identitas cukup mengkhawatirkan serta menimbulkan keretakan terhadap akar persatuan dan keutuhan bangsa”. Kata Hendri Wijayanto selaku narasumber perwakilan Himpunan Persatuan Pelajar Jakarta. Untuk itu, lanjut Hendri, “dibutuhkan segenap elemen bangsa untuk menyuarakan tolak politik identitas sebagai alat untuk meraih suara elektoral pada Pemilu 2024 mendatang”. Tegas Ketua Panitia.

Bacaan Lainnya
“Peran Pemuda Dalam Menciptakan Pemilu 2024 Yang Kondusif Tanpa Politik Identitas”. (Foto/ist)

Disisi lain, Politik identitas kerap kali menjadi isu yang banyak dibahas jelang Pemilu, hal ini dikarenakan politik identitas sangat rawan memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sangat diperlukan peran aktif generasi muda untuk bersama-sama menangkal Politik Identitas pada Pemilu 2024 guna menciptakan pesta demokrasi yang damai dan kondusif tanpa politik identitas dan upaya-upaya provokatif kelompok tertentu”. Jelas Robbiansyah selaku narasumber perwakilan pengurus HMI Cabang Jakarta Timur.

“Acara diskusi online yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Peduli Demokrasi ini, tentu kegiatan ini pastinya bagian dari kontribusi generasi muda dalam berperan aktif menciptakan pemilu 2024 yang kondusif tanpa perpecahan dan tanpa politik identitas”. Tambah Robbi.

“Oleh sebab itu keterlibatan dan turut serta dari unsur pemuda ini dalam menciptakan pemilu 2024 yang kondusif merupakan bagian dari nilai lebih dari seorang pemuda sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Tutup Robbi. (Red)

Pos terkait