Debat Terbuka Bacapres di Kampus Universitas Jayabaya, Sejumlah Tokoh Bakal Diundang

Redaksi Jakarta– Mahasiwa yang tergabung dalam Leksma Universitas Jayabaya berencana akan menggelar Debat Terbuka untuk para bakal calon presiden di 2024 nanti.

Berdasarkan putusan MK dengan Nomor 65/PUU-XXI/2023 perihal dibolehkannya kegiatan kampanye di lembaga pendidikan dengan beberapa syarat dan batasan yang harus dipenuhi. Menanggapi hal tersebut, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (Leksma) Universitas Jayabaya merespon dengan positif putusan tersebut.

“Kami berencana untuk mengadakan Forum Rakyat dengan mengundang para tokoh politik dan para bacapres, Bapak Anies Baswedan, Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Ganjar Pranowo untuk menghadiri Forum Rakyat tersebut,” ucap Ridho Selaku Presiden Mahasiswa Universitas Jayabaya. (14/09).

Lebih lanjut, forum ini dirancang menjadi jembatan para calon pemimpin bangsa Indonesia dengan Masyarakat, Mahasiswa, Pelajar, untuk berdiskusi mengenai pemikiran dan rancangan kebijakan setiap Bacapres sehingga masyarakat bisa menilai ide-ide serta gagasan yang disampaikan.

Bacaan Lainnya

“Forum ini juga menjadi wadah bagi masyarakat, Mahasiswa dan Pelajar untuk mempertanyakan, menguji serta memahami setiap rancangan kebijakan Bacapres kedepannya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kedepan diharapkan acara ini dapat mengatasi adanya money politic, polarisasi politik, politik identitas, dan sebagainya pada Pemilu 2024 sehingga pesta demokrasi nanti dapat berjalan se-demokratis mungkin.

“Acara Forum Rakyat ini bersifat interaktif yang dimana dalam proses pelaksanaannya para Bacapres beserta tokoh-tokoh lainnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasan mengenai tema yang telah ditentukan,” jelasnya.

Kemudian, peserta dapat menyampaikan pertanyaan, kritik dan saran kepada narasumber dengan tujuan terciptanya solusi serta kesimpulan akan fenomena yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi.

Pada kesempatan ini Leksma Universitas Jayabaya turut mengundang berbagai macam pihak untuk memperluas cakrawala informasi dan sudut pandang membahas berbagai macam kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman demokrasi Indonesia kedepannya menuju pemilu 2024.

Adapun tokoh-tokoh yang diundang dalam acara ini seperti Rocky Gerung, Bambang Soesatyo, Lanyala Mahmud Mattallitti, Muhammad Andika Perkasa, Bambang Soesatyo, Malem Sambat Kaban, Isran Noor, Effendi Simbolon, Fahri Hamzah, Yunarto Wijaya, Fajar Moestar, dan Adji Alfarbi.

Pos terkait