Nadiem Minta Polri Segera Selidiki Penyebab Kebakaran Museum Nasional

Nadiem Makarim

Redaksi Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim meminta, segera menyelidiki penyebab kasus kebakaran Museum Nasional. Hal itu untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran Gedung A Museum Nasional.

“Tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi. Apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut,” ujar Nadiem kepada wartawan di Museum Nasional, Minggu (17/9/2023) dini hari.

Nadiem juga meminta pihak kepolisian membantu proses pengamanan area Gedung Museum Nasional pascakebakaran. Nadiem pun membentuk tim gabungan untuk menginventarisasi barang-barang bersejarah yang rusak ataupun hancur akibat kebakaran.

“Kami catat apa kerusakannya dan juga bisa kami amankan, bagi yang masih bisa diamankan gitu,” kata Nadiem. Sebagai informasi, kebakaran melanda Gedung Pameran Koleksi Museum Nasional, Sabtu (16/9/2023).

Bacaan Lainnya

Api pertama kali muncul dari bedeng petugas proyek perbaikan bangunan Museum Nasional yang berada di samping Gedung A sekitar pukul 20.00 WIB. Hingga kini, belum diketahui secara pasti barang atau benda bersejarah apa saja yang terbakar akibat kejadian ini. (Rj/red)

Pos terkait