Silaturahmi Dengan Kabaharkam Polri, FORKAMSI Berharap Jatah Akpol Dipriotaskan Untuk Putra Daerah Maluku

Komisaris Jenderal Dr. Mohammad Fadil Imran dan Roni Rumuar. (Dok/Roni)

Redaksi Jakarta – Ketua Bidang Investigasi dan Publikasi Forum Cendekiawan Melanesia Indonesia (FORKAMSI) Roni Rumur beserta jajaran pengurus lainnya melakukan silaturahmi dengan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang diwakili Kepala Badan Pemelihara dan Keamanan (Kabaharkam) Komisaris Jenderal Dr. Mohammad Fadil Imran, di Mabes Polri, Senin (18/9/2023).

Roni yang juga Eks. Mantan Ketua Cabang HMI Jakarta Pusat Utara ini menyampaikan apresiasi atas kinerja Kepolisian di wilayah rumpun Melanesia atau Indonesia Timur terlebih di Provinsi Maluku.

“Pertemuan kami hari ini sangat berkualitas dan bermanfaat karena Kabaharkam banyak memberikan masukan yang positif terkait upaya-upaya menciptakan ketertiban di masyarakat, menjaga persatuan serta mendorong semangat toleransi di negeri Indonesia yang beragam ini,” kata Roni dalam keterangannya yang diterima media, Senin (18/9/2023).

Aktivis HMI Jakarta ini menyebut, agenda silaturahmi FORKAMSI ini sesungguhnya dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, Kapolri punya agenda yang mendadak sehingga diwakilkan oleh Kabaharkam Komjen Mohammad Fadil Imran.

Ada beberapa poin yang disampaikan Roni Rumuar, di antaranya, Mabes Polri diharapkan mendukung program yang dicanangkan oleh Kapolda Maluku yaitu ‘Basudara Manise’.

“Dan program Kapolda tersebut sangat baik dan bertujuan untuk menjaga kamtibmas, hal tersebut selaras dengan tujuan Polri yang menjaga persatuan dan persaudaraan.

Saya juga sampaikan agar ada penambahan kuota penerimaan Bintara Polisi, Bintara Brimob dan Tantama Brimob serta memberikan peluang untuk putra daerah Maluku agar menjadi prioritas jatah Akpol,” tutur Roni.

Roni juga meminta agar putra daerah Maluku yang sudah lama berpangkat Kombes untuk dipromosikan menjadi Jenderal bintang satu.

“Dan hal yang saya sampaikan ini menjadi perhatian khusus Mabes Polri,” tambahnya.

Tak hanya itu, Roni meminta Kabaharkam Polri untuk pengadaan penambahan armada speedboat berkapasitas besar untuk diberikan kepada Polairud Polda Maluku. “Karena ini sangat membantu masyarakat di daerah terpencil seperti di Kec. Pulau Gorom, Kec. Gorom Timur, Kec. Pulau Panjang, Kec. Teor dan Kec. Wakate. dan terluar, utamanya yang berada di pesisir” dan mengoptimalkan kinerja kepolisian dalam hal ini polda maluku terangnya.

Di akhir pertemuan tersebut, Kabaharkam memberikan plakat berbintang tiga kepada FORKAMSI yang diterima langsung oleh Albert Hama selaku ketua umum.

“Saya merasa berterima kasih kepada pak Kapolri yang diwakili oleh Kabaharkam karena semua usulan kami menjadi perhatian khusus Mabes Polri,” jelasnya. (Red)

Pos terkait