Dorong Kejagung Usut Dito Ariotedjo soal Rp27 M, Pengamat: Jangan Pandang Bulu

Foto: Menpora Dito hadir di Istana bersama istri Niena Kirana Riskyana dan sang anak, Sadia serta keluarga.

REDAKSI JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) didorong tegas mengusut keterlibatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo soal menerima uang Rp27 miliar. Terlebih, nama Dito disebut dalam keterangan di persidangan kasus korupsi BTS 4G Bakti Kominfo.

“Kejaksaan Agung harus berani, tegas, jangan pandang bulu,” kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie kepada Medcom.id, Senin, 9 Oktober 2023.

Jerry mengatakan substansi kasus itu bukan sekadar sosok Dito atau nominal Rp27 miliar. Melainkan pertanggungjawaban kepada masyarakat soal proses hukum yang bebas kepentingan.

“Nama itu (Dito) sudah disebut (dalam persidangan), jangan sampai dia kebal hukum. Uang Rp27 miliar ini di kemanakan? Diapakan?” ujar dia.

Bacaan Lainnya

Jerry menyebut transparansi Kejagung dalam mengusut perkara itu penting. Supaya tidak menjadi bola liar di publik.

“Kalau (Rp27 miliar) dikembalikan, law enforcement atau penegakan hukum tetap harus ada,” tegas dia.

Kejagung menegaskan pihaknya tak menutup kemungkinan untuk kembali memeriksa Dito. Nama Dito sempat disebut oleh Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan, lantaran menerima uang Rp27 miliar.

“Pada dasarnya apa yang diterangkan di persidangan bukanlah fakta baru atau sudah diterangkan saksi di BAP penyidikan, dan saat ini penyidik masih terus mendalami dan mencari alat bukti,” kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi, Minggu, 1 Oktober 2023.

Pos terkait