Penjelasan Ketua KPK Soal Pertemuannya Bersama SYL

Foto pertemuan ketua KPK Firli Bahuri dan Mentan Syahrul Yasin Limpo saat olahraga Bulutangkis. (Foto: Istimewa)

REDAKSI JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menanggapi soal foto pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulutangkis. Firli mengatakan pertemuan itu terjadi pada Maret 2022.

Firli awalnya mengatakan proses penyelidikan kasus korupsi di Kementan yang dimulai pada Januari 2023. Dia mengatakan pertemuan dengan SYL itu terjadi jauh sebelum KPK melakukan penyelidikan.

“Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa, perkara di Kementerian Pertanian ini mulai masuk ke tahap Penyelidikan oleh KPK pada sekitar Januari 2023,” kata Firli dalam keterangannya secara tertulis, Senin (9/10/2023).

“Sedangkan pertemuan di Lapangan Bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Sdr. Syahrul Yasin Limpo. Terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022, dan itupun beramai-ramai ditempat terbuka.”

Bacaan Lainnya

Firli menjelaskan bahwa pada tahun tersebut, mentan Syahrul Yasin Limpo belum menjadi orang yang beperkara di KPK. Menurut Firli, pertemuan itu juga bukan atas kemauan dirinya.

“Kejadian tersebut pun, bukan atas inisiasi atau undangan saya,” ujarnya. Firli meminta masyarakat untuk tidak tergiring opini terkait isu liar pertemuannya dengan SYL.

Pertemuan Firli dengan SYL di lapangan bulutangkis saat ini menuai polemik. Foto itu beredar di tengah kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK kepada SYL yang tengah diusut di Polda Metro Jaya.

Kasus tersebut pun kini sudah naik ke tingkat penyidikan. Polisi juga akan menyelidiki lebih lanjut foto pertemuan Firli dan SYL untuk mengusut ada tidaknya peristiwa pemerasan.

Pos terkait