Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo Tiba di Gedung KPK Dengan Tangan Terborgol

Eks Mentan SYL saat tiba digedung KPK Merah Putih di kawal anggota kepolisian dan anggota KPK. Foto : Istimewa

REDAKSI JAKARTA – Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dikawal beberapa petugas dari kepolisian dan petugas KPK tiba di gedung Merah Putih. SYL tiba digedung KPK pada pukul 19.17 WIB, menggunakan topi, jaket kulit serta menutupi wajahnta dengan masker berwarna putih.

Belum diketahui alasan KPK menangkap SYL. KPK belum berkomentar mengenai penangkapan ini. Pihak SYL dan kuasa hukumnya juga belum memberikan keterangan.

Sebelumnya, Tim Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo juga telah berkoordinasi dengan bagian Penyidikan KPK dan mendapatkan konfirmasi pemeriksaan akan dilakukan pada Jumat, 13 Oktober 2023, besok siang

Bacaan Lainnya

“Saya sampai di Jakarta dini hari ini. Saya segera kembali ke Jakarta sebagai wujud komitmen Saya untuk koperatif menghadapi proses hukum di KPK. Saya sudah siap lahir dan bathin untuk menghadapi ini sesuai dengan hukum dan hak-hak saya sebagai Tersangka”, ujar Syahrul Yasin Limpo sebagaimana disampaikan pada Tim Hukum, Kamis (12/10/2023).

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Sekretaris Jenderal Kementan KS dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan MH sebagai tersangka.

Namun, baru KS yang langsung ditahan setelah menjalani pemeriksaan pada hari ini, Rabu (11/10). Ia ditahan selama 20 hari pertama hingga 30 Oktober 2023.

Sementara SYL dan MH belum ditahan karena keduanya menyurati KPK tidak bisa menghadiri pemeriksaan hari ini.

“Untuk itu kami ingatkan kooperatif dan segera hadir memenuhi panggilan tim penyidik KPK,” kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (11/10) malam.

SYL dkk disangkakan melanggar Pasal 12 huruf e dan Pasal 12 huruf B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Pos terkait