Amran Sulaiman Dipercaya Kembali Jadi Mentan, Pusbarindo Dukung Penuh

Usai dilantik, Presiden RI beri ucapan selamat kepada Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian RI, Rabu 25/10-2023. (twitter@jokowi)

REDAKSI JAKARTA – Amran Sulaiman dilantik menjadi Menteri Pertanian (Mentan) pada Rabu, 25 Oktober 2023. Amran diyakini mampu menyiapkan langkah strategis di sektor pertanian menghadapi El Nino. Kinerjanya terbukti moncer saat menjadi Mentan pada 2014-2019.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang Putih dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo), Reinhart Antonius Batubara dalam keterangab pers. Pihaknya mendukung penuh kepemimpinan Amran.

“Dimana indeks produksi pertanian terus mengalami peningkatan, khususnya di indeks Produksi Hortikultira dimana ditahun 2019 mencapai 112,43 terutama untuk kelompok sayuran dan bawang putih mencapai kenaikan tertinggi sebesar 402,79 poin,” kata Reinhart dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 25 Oktober 2023.

Tak hanya mengangani dampak El Nino, Amran diyakini mampu membuat Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Direktur Eksekutif Pusbarindo, Arianto Burhan Makka, optimistis melihat kinerja Amran di periode sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Karir Amran Sulaiman terbilang moncer saat menjabat mentan di periode pertama pemerintahan Jokowi. Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini terkenal sebagai menteri yang gigih, tegas, dan gesit dalam mengelola ketersediaan pangan di dalam negeri.

Amran saat menjalankan tugasnya sebagai menteri kerap mengeluarkan kebijakan yang propetani sehingga sangat jelas manfaat positifnya. Selain itu, Amran juga merupakan sosok yang inovatif antara lain melakukan modernisasi hingga memberikan benih berkualitas kepada para petani.

Tak hanya itu Amran yang juga sebagai pengusaha dikenal aktif meningkatkan produksi dan ekspor. Hasilnya sangat positif, yakni impor produk pertanian berhasil diminimalisir bahkan dihilangkan.

Dalam kesempatan lainnya Ketua AL Washliyah Sumatera Barat Nurkhalis optimis pembangunan pertanian akan lebih baik.

“Pasti lebih kencang, karena saat jadi Mentan, Pak Andi Amran sudah matching dengan tugas yang diberikan Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid 1,”ujar Nurkhalis, Kamis 26/10-2023.

Pak Jokowi kata Nurkhalis telah menunjuk orang yang tepat.

Nurkhalis selaku Korwil Gempita Sumbar yakin Mentan RI yang dilantik Rabu 25/10-2023 oleh Presiden Jokowi dalam sekelabat akan mempercepat tata niaga pupuk, menopang produksi padi untuk surplus beras.

“Dan khusus Sumbar, Pak Andi Amran Sulaiman akan gerak cepat menggenjot produksi jagung yang saat ini menjadi tantangan karena Sumbar tengah defisit jagung,”ujar Nurkhalis

Menurut Nurkhalis yang tercatat sebagai Calon DPD RI dari Sumbar pada Pemilu 2024, Mentan RI akan beri stimulus kepada petani, supaya lebih masif lagi.

Pos terkait