Puluhan Unit ETLE di Jakarta Beroperasi Januari 2024

kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) (Foto : Antara)

REDAKSI JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menambah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di ruas jalan DKI Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mengawasi pelanggaran lalu lintas di sejumlah ruas jalan.

“Sudah ada 70 unit kamera ETLE yang dipasang hingga Desember 2023. Pemasangan 70 unit ETLE ini difokuskan ke ruas jalan yang dinulau banyak pelanggaran lalu lintas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Nantinya, kata Latif, kamera ETLE akan dipasang di Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan. Oleh karena itu, kamera ETLE ini diharapkan dapat dioperasikan pada Januari 2024.

“Iya (JNLT Casablanca) ya memang kan perlu sejalur itu apa, banyak pelanggaran yang perlu kita awasi itu. Kita berharap seluruh kamera ETLE sudah dapat beroperasi semua di Januari 2024,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Namun, kata Latif, hal tersebut tergantung dari hasil evaluasi yang dilakukan jajaran Polda Metro Jaya. “Ya ke depan kita evaluasi, masih kurang tujuh apa, itu aja masih kurang,” ucapnya.

Sementara, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memanfaatkan ETLE untuk menilang kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi. Maka dari itu, Dishub DKI Jakarta melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait hal tersebut.

“Kami sedang koordinasikan, bagaimana upaya kita memanfaatkan teknologi. sekarang kan pemasangan titik-titik ETLE tahun ini ada tambahan 70 titik,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Pos terkait