3 Pesan Bermakna pada Film Gampang Cuan: Family is number one!

Official Facebook Gampang Cuan Film. (Foto/Ist)

Oleh : Tasya Syafitri

REDAKSI JAKARTA – Gampang Cuan merupakan film yang tayang di bioskop saat ini ditengah gempurannya berbagai daftar Film Horor yang tayang di dunia persinemaan Indonesia. Film tersebut juga membawa angin segar bagi para penikmatnya yang ingin mencari genre Film Drama berbalut Komedi.
Gampang Cuan terinspirasi dari pengalaman Sutradara Rahabi Mandra terhadap kondisi masyarakat yang luntang-lantung mencari sepundi rupiah dan menjajali berbagai pekerjaan, dari yang halal sampai ke borderline haram. Bahkan, fenomena Crazy Rich yang sempat masuk ke Indonesia untuk mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang secara instan?

Tidak hanya membahas mengenai itu, tetapi Gampang Cuan juga terselip berbagai komedi dari setiap tokohnya yang saling mencaci maki dan saling menyeletuk saat sedang marah dengan memakai Bahasa Sunda yang sukses mengocok perut penonton.

Berkisah seorang anak rantau bernama Sultan, yang mengaku ‘sukses’ tinggal di Ibukota kepada Ibunya Mamah Diah dan kedua adiknya Bilqis dan Aji. Nyatanya, kebohongan Sultan pun terkuak ketika Bilqis menyusuli Kakaknya bahwa Sultan telah dipecat dari pekerjaannya dan memiliki hutang ke rentenir sebanyak Dua Belas Juta Rupiah.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya Sultan, tetapi keduanya dikejutkan oleh sebuah ‘Surat’ dari Pak Is si Kepala Desa bahwa mendiang Bapaknya memiliki hutang sebesar Tiga Ratus Juta Rupiah dan harus dilunasi segera. Jika tidak, rumah peninggalan keluarganya menjadi jaminan.

Mengetahui warisan mendiang Bapaknya berupa hutang, mereka jungkir balik mencari berbagai pekerjaan agar bisa melunasi hutang. Sultan menjadi ‘Tukang Parkir’ tetapi hasilnya tidak bisa mengumpulkan uang Ratusan Juta Rupiah, dan Bilqis menjadi ‘Tukang Pijit’ bahkan ‘Pacar Sewaan’ dari seorang Crazy Rich dari Pelanggan yang pernah ia jumpai bernama Evan.

Masalah datang kembali ketika adiknya Aji menyusul ke Jakarta dan mengetahui bahwa Sultan kakaknya hidup melarat, si bungsu ‘kekeuh’ meminta kepada kedua kakaknya untuk daftar kuliah. Bukan pusing kepayang, akhirnya Sultan dan Bilqis langsung mencari cuan kembali dengan terjun ke dunia yang sebelumnya mereka tidak ketahui, Investasi dan Saham!

Mereka belajar dari Evan, si Crazy Rich pelanggan Bilqis untuk belajar Saham. Saat mempelajarinya, mereka tidak paham dan ingin mendapatkan uang secara instan. Banyak sekali cara dari Sultan dan Bilqis yang berusaha untuk mencari cuan sebanyak-banyaknya agar bisa melunasi hutang mendiang Bapak dan memenuhi keinginan si bungsu yang tidak tahu diri.

Tetapi tahukah kamu? Dibalik komedinya dalam Film Gampang Cuan yang berhasil membuat tertawa riang, film tersebut juga mengandung pesan tersirat yang dirasakan oleh para penontonnya, antara lain ;
1. Jangan sekali-kali berbohong, terutama Sang Ibu
Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya kena juga!
Peribahasa yang cocok menggambarkan Sultan yang katanya ‘sukses’ di Jakarta, tetapi melarat. Numpang tinggal di rumah si Crazy Rich, agar dirinya dapat mengaku ‘sukses’ kepada Sang Ibu. Tetapi semuanya kebongkar saat Evan memberitahukan kepada Ibunya mengenai kehidupan Sultan sebenarnya.
Tidak hanya berbohong kepada Mamah Diah, tetapi Sultan juga berbohong kepada kedua adiknya Bilqis dan Aji yang tiba-tiba nyusul ke Jakarta membuat masalah yang dihadapi oleh Sultan pun selalu bertubi-tubi.

2. Seorang Abang adalah sebaik-baiknya pelindung Sang Adik
“Loe kalo sampai jual diri!”
“Loe pikir adek gue barang yang bisa loe beli?”
Meskipun Sultan dan Bilqis adalah seorang Kakak Beradik yang memiliki sifat layaknya Tom & Jerry, tetapi Sultan adalah seorang ‘Abang’ dan ‘Kakak’ yang sangat sayang kepada Bilqis dan selalu menjaganya dimanapun Bilqis berada.
Sultan sangat marah ketika Evan sangat mencintai Bilqis dan selalu ingin berbicara berdua kepada Bilqis tanpa dirinya, serta selalu menginginkan Bilqis menjadi Istrinya. Bahkan saat dirinya tahu Bilqis menjadi ‘Pacar Sewaan’ pun Sultan marah besar, meskipun itu merupakan cara tercepat mendapatkan uang.

3. Sebanyak-banyaknya uang, keluarga adalah tempat berpulang dalam kehangatan
Karena ulah Sultan dan Bilqis agar mendapatkan keuntungan Saham yang lebih besar dengan cara meracuni Obat Keras ke dalam minuman milik Robert Binomo dan melacak penghasilan Saham Pak Robert membuat Sultan masuk penjara, meskipun mendapatkan keuntungan Saham sampai Ratusan Juta.
Sang Ibu mengetahui hal tersebut sampai serangan jantungnya kambuh dan keuntungan Saham Sultan sampai Ratusan Juta. Mamah Diah, Bilqis dan Aji meminta untuk menarik semua uang Sultan untuk tebus keluar dari penjara. Mamah Diah tidak menginginkan uang Sultan sebanyak itu, melainkan harus berkumpul kembali untuk menikmati kehangatan keluarga.

Sobat, inilah pesan bermakna yang kamu dapatkan pada Film Gampang Cuan, bahwa melakukan suatu kebohongan adalah perilaku tidak terpuji bagi setiap orang, sekalipun keluarga. Maka akibatnya kamu mendapati permasalahan bertubi-tubi yang dapat membongkar isi kebohonganmu.

Meskipun sifat dan sikap dari seorang Kakak maupun Abang yang membuat dirimu naik darah, tetapi diam-diam beliau selalu melindungi kita dimanapun berada agar tidak terjerumus ke berbagai hal yang membuat dirimu sengsara. Terakhir, sebesar apapun masalah hidup yang kamu alami harus tetap ingat bahwa keluarga adalah tempat memberi kehangatan untuk bersandar.

Maka dari itu, yuk semuanya mari kita ramai-ramai datang ke bioskop untuk nonton Film Gampang Cuan bersama keluarga maupun sahabat kalian dan temukan pesan-pesan lainnya yang bisa kamu nikmati dalam film ini!

Title of Film : Gampang Cuan
Production House : Temata Studio, Adhya Pictures, and Legacy Pictures
Director : Rahabi Mandra
Casts : Vino G. Bastian, Anya Geraldine, Alzi Markers, Danang Suryonegoro, and Meriam Bellina
Rating Film : 9,5 / 10

Pos terkait