Jalankan Visi Mentan Amran Sulaiman, Gempita Gerakkan Pemuda Bertani

REDAKSI JAKARTA – Korwil Gempita (Koordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani Indonesia) se-Jawa Barat melalukan agenda Rembuk Pemuda Tani dalam upaya percepatan Swasembada pangan yang dihadiri sejumlah ketua-ketua Gempita se-Jawa Barat berlokasi kawasan lahan Babakan Peuteuy, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Sabtu, (02/12).

Acara Rembuk Pemuda Tani tersebut langsung dibuka oleh Kornas Gempita sekaligus melakukan acara seremonial penanaman bawang dengan disambut antuisme para petani-petani milenial setempat.

Kornas Gempita Yasir Kaisuku, mengatakan dalam memasuki masa tanam, pelibatan anak muda untuk bertani sangat penting, Sebagaimana Visi Menteri Pertanian Amran Sulaiman, yaitu konsep Pertanian berkelanjutan, dari petani konvensional menjadi petani modern agar meraup keuntungan dengan penguatan sistem mekanisasi.

“Kementerian Pertanian di bawah Pimpinan Mentan Amran Sulaiman telah menjadikan regenerasi petani sebagai program strategis mewujudkan visi Indonesia lumbung pangan 2045, mulai dari kelembagaan tani untuk kaum milenial, hingga dukungan anggaran, agar milenial memilih sektor pertanian sebagai pilihan utama untuk bekerja secara sejahtera.”, ujar Yasir dalam keterangannya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya Gempita sebagai kelembagaan pemuda tani harus berujung menjadi Kelompok Usaha Bersama (KUB), dimana itu sudah dibentuk oleh Menteri Amran Sulaiman pada periode 2014-2019, hal ini sangat efektif sebagaiĀ startupĀ korporasi petani. Dengan didukung oleh milenial, alumni perguruan tinggi, serta Pemuda lainnya dengan membuka lebar layanan, dari olah tanah hingga pemasaran produk petani.

Targetnya, dari KUB, Gempita dapat mewujudkan korporasi pertanian yang modern, menjadi pusat layanan pertanian. Dengan traktor KUB mampu melayani pengolahan lahan secara efisien, penanaman memakai mesin tanam termasuk menyediakan pupuk hingga memasarkan hasil produksi petani sebagaimana Visi Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Kita ingin menyampaikan kepada pemuda-pemuda untuk terjun bertani, karena sektor pertanian yang tidak ada habisnya untuk dinikmati, sebagaimana gagasan Menteri Pertanian Amran Sulaiman membuat Program Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) “, tutur Yasir.

Dalam kesempatan lainnya, kornas Gempita akan mempersiapan rencana pemanfaatan lahan, melakukan bimtek penggunaan alsintan serta menjaga pasar dari hasil panen pemuda-pemuda tani.(**)

Pos terkait