Gandeng Pelaku UMKM di Kota Depok, Dosen dan Mahasiswa Magister PIPS Sekolah Pascasarjana Uhamka Gelar Pengabdian Masyarakat

Dr Heri Solehudin (Ketua Tim Pengmas Uhamka, batik biru) bersama Wakil Ketua dan Anggota Tim menjelaskan Produk Frozen Food CeuEms dg Pemilik UMKM-Ibu Ema Sugianti (tengah) di Beji, Kota Depok.

REDAKSIJAKARTA.COM – Dosen dan mahasiswa PIPS Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Pengabdian Masyarakat (Pengmas) bekerjasama dengan Lazismu Kota Depok dan UMKM Frozen Food CeuEms di wilayah Beji, Kota Depok, Sabtu (13/01/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua tim Pengmas, Dr. Rd. Heri Solehudin, MM, bersama wakil ketua tim, Dr. Rudy Gunawan, M.Pd, dan Rifma Ghulam Dzaljad, S.Ag., M.Si. Sementara itu, turut hadir mahasiswa PIPS Sekolah Pascasarjana Uhamka, Saadiatul Munawarroh, Syahrudin Darwis, dan Fisonia Sylvestri.

Dalam paparannya, Ketua Tim Pengmas, Dr Heri Solehudin mengatakan, dalam kesempatan pengmas ini, topik yang dibahas berkaitan dengan Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Pendampingan UMKM.

“Kami dari tim Pengmas berupaya membantu UMKM lokal agar dapat berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Melalui kegiatan ini, kami berusaha memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan agar UMKM dapat tumbuh secara berkelanjutan,” ujar Heri Solehudin.

Bacaan Lainnya

Selain memberikan panduan terkait strategi operasional dan pemasaran, lanjut Heri Solehudin, Kami juga memberikan pelatihan terkait aspek kebersihan dan keamanan pangan, yang menjadi kunci dalam menjaga kualitas produk.

“Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan standar produksi UMKM Frozen Food CeuEms dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk mereka,” tutur Heri Solehudin.

Sementara itu, Dr Rudy Gunawan dalam paparannya mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang pelatihan untuk pelaku UMKM agar mendapatkan wawasan lebih dalam mengembangkan produknya.

“Dalam era yang terus berubah, inovasi menjadi kunci keberhasilan. Kami berupaya memberikan perspektif baru kepada pelaku UMKM untuk dapat menghasilkan produk yang relevan dan diminati pasar,” jelasnya.

Dilain sisi, Rifma Ghulam Dzaljad, S.Ag., M.Si. dalam paparannya juga menyoroti peran inovasi dan pengembangan produk sebagai faktor kunci dalam meningkatkan daya saing UMKM.

“Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat sesaat, tetapi juga menjadi pondasi bagi pertumbuhan berkelanjutan bagi UMKM di Kota Depok,” pungkasnya.

Pos terkait