Google Doodle Ikut Peringati Hari Perempuan Sedunia

Tampilan Google doodle hari ini dalam rangka ikut memperingati Hari Perempuan Sedunia, 8 Maret. (Foto: Google)

REDAKSI JAKARTA – Google ikut memperingati Hari Perempuan Sedunia, Jumat (8/3/2024). Hal itu ditandai dengan Google doodle pada hari ini.

Doodle hari ini menampilkan sejumlah karakter perempuan lintas usia, mulai dari yang masih belia hingga yang lanjut usia (lansia). Karakter-karakter tersebut terbingkai dalam sebuah garis yang menyerupai lingkaran.

Bingkai garis itu juga menjadi lambang huruf ‘O’ untuk kata ‘Google’. Sementara huruf ‘O’ dari ‘Google’ untuk doodle hari ini dibuat bernuansa perempuan.

Huruf tersebut digambar dengan menggunakan simbol gender lingkaran di atas tanda silang. Ini melambangkan simbol perempuan.

Bacaan Lainnya

Warna dari Google doodle hari ini begitu terang dan beragam dan penuh aksesoris. Doodle kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang menggambarkan berbagai peran perempuan.

Peringatan Hari Perempuan Sedunia kali ini menurut Google doodle berfokus pada isu-isu seperti kesejangan upah gender dan ras. Juga hak-hak reproduksi hingga pencegahan kekerasan terhadap perempuan.

“Ucapan ini bertujuan untuk mereka yang sudah membuka jalan dan membawa obor itu lebih jauh lagi. Selamat Hari Perempuan Sedunia,” ucap Google, Jumat (8/3/2024).

Diketahui, Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan oleh Organisasi Internasional PBB tahun 1975. Ide perayaan Hari Perempuan Sedunia berasal dari Clara Zetkin, aktivis dan pembela hak-hak perempuan.

Zetkin mengatakan, gagasan tersebut pada tahun 1910 dalam Konferensi Internasional Perempuan Pekerja di Coppenhagen, Denmark. Dalam konferensi, para peserta yang hadir menyetujui ide Zetkin untuk menetapkan Hari Perempuan Sedunia.

Tanggal 8 Maret bertepatan pula dengan peringatan dua aksi yang bertujuan untuk mencapai kesetaraan gender. Termasuk mengenai pekerjaan yang adil dan aman.

Pos terkait