Pelatihan Sembelih Halal MW KAHMI Jaya Sukses Digelar, Para Peserta Ikuti dengan Antusias

Foto/Ist

REDAKSI JAKARTA – Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Jakarta Raya melaksanakan pelatihan sembelih halal di Sekretariat MW KAHMI JAYA, Gedung Pemuda, berlokasikan jl.Veldrome.3 , Rawamangun Pulogadung, Jakarta Timur, pada Sabtu, (08/06).

Acara dibuka ketua umum MW KAHMI Jaya M.Ichwan.Ridwan, SE atau Boim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kegiatan Prlatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA) dibutuhkan para pengurus dan anggota KAHMI se Jakarta Raya mengerti dan memahami tata cara pemotongan hewan secara syariat islam, memilih hewan yang sehat dan faham manajemen qurban yang baik. Apalagi menjelang momentum idul adha yang akan kita laksanakan pada minggu depan”, ujarnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Ketua Umum MW KAHMI Jaya berharap kedepan para anggota, pengurus KAHMI se-Jakarta Raya bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat sekitar lingkungannya.

“Minimal siap menyembelih untuk kebutuhan sendiri tidak repot-repot lagi mencari tukang sembelih”, kata bang Boim sapaan akrabnya.

Bacaan Lainnya

Peserta kegiatan pelatihan sangat antusias yang hadir sejak pagi hari diawali dengan praktek pemotongan hewan Kambing sebanyak 3 ekor yang di bimbing langsung oleh tim Juru Sembelih Halal DPW Jakarta.

Setelah itu dilanjutkan forum dengan materi-materi 1. Regulasi Jaminan produk halal dan implementasi sertifikasi halal dari Badan penyelenggara jaminan produk halal kementerian agama RI (BPJPH Kemenag RI) yang diwakili oleh bapak Khotibul Umam (kepala bidang bina auditor halal dan pelaku usaha, 2. Kesehatan Hewan Qurban dari dinas Ketahanan Pangan, kelautan dan pertanian (KPKP) Jakarta yang diwakili oleh bapak Kelviano Muqit, 3. Materi penyembelihan sesuai syariat oleh Tio Putera dan persiapan bilah sembelih (praktik asah bilah) disampaikan Irfan keduanya dari Tim JULEHA.

Turut hadir juga memberikan sambutan diantaranya ketua DPW Juleha Jakarta Haji Rohedi yang mengapresiasi kerjasama KAHMI dengan JULEHA dan Ketua Umum Badan Penyelenggara Sertifikasi Halal KAHMI (BPSH KAHMI) Rudi Sahabuddin, menyampaikan bahwa “KAHMI sebagai organisasi alumni HMI di Indonesia memiliki peran penting dalam mengedukasi umat Islam tentang pentingnya mengonsumsi produk halal dan optimalisasi peran penyedia Jasa dan Produk Halal”, tegasnya. (Red)

Pos terkait