Ketua Komisi II DPR RI: Kasus Hasyim Asy’ari Diharapkan Jadi Pelajaran Bagi Semua

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari. (Foto/Ist).

REDAKSI JAKARTA – Kasus yang menjerat mantan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi semua. Terlebih bagi para pejabat tinggi Negara.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengaku prihatin atas putusan pemberhentian kepada Hasyim yang diputuskan DKPP.

“Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran untuk kita semua,” kata Doli di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Menurut Doli, kalau dilihat dari putusan yang dibacakan oleh DKPP, memang kasus ini sudah terkonfirmasi dari berbagai pihak. “Dari yang menggugat maupun tergugat, kemudian saksi-saksi,” katanya.

Bacaan Lainnya

“Dan sebenarnya, khusus kepada saudara (mantan) Ketua KPU ini sudah beberapa kali kami juga memberikan masukan supaya menjaga lembaga ini,” ucap Doli. Menurutnya, sikap sebagai ketua lembaga KPU sangat penting dan strategis.

“Apalagi kita tentu membutuhkan lembaga ini tetap memiliki kredibilitas yang baik di mata publik. Karena dalam waktu dekat akan melaksanakan pemilihan kepala daerah,” kata Doli.

Ia pun mengatakan bahwa sebagai negara hukum, maka semua pihak harus menghormati putusan dari DKPP tersebut. Ia menyebut DKPP memang diberi tugas sebagai lembaga yang mengawasi tindak perilaku, terutama etik bagi penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu.

Pos terkait