Hari Kebaya Nasional, Perempuan Rayakan Parade Kebaya

REDAKSI JAKARTA – Ribuan perempuan berkumpul memeriahkan Parade Kebaya Nusantara di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (21/7/2024). Kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Kebaya Nasional yang akan diperingati setiap 24 Juli.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga nampak hadir dalam kegiatan Parade Kebaya Nusantara. Bintang mengatakan, Hari Kebaya Nasional menjadi momentum bagi perempuan Indonesia untuk mencerminkan identitas bangsa Indonesia.

“Ini akan menjadi momentum bagi kita semua, khususnya para ibu ibu, karna kebaya ini merupakan ciri khas yang menggambarkan identitas kebangsaan Indonesia. (Kebaya) Ini adalah jadi diri perempuan Indonesia,” ujar Bintang kepada media di FX Sudirman, Senayan, Jakarta pada Minggu (21/7/2024).

Bintang berharap peringatan Hari Kebaya Nasional pertama tahun ini, akan mendorong masyarakat untuk lebih mencintai dan bangga mengenakan kebaya. “Kami melyakini betul mudah-mudahan dengan momentum hari ini bagaimana kita cinta, bangga menggunakan kebaya sebagai warisan budaya yang kita cintai,” ucap Bintang

Bacaan Lainnya

Ketua Timnas Kebaya Indonesia, Lana T. Koentjoro mengapresiasi dukungan kementerian, komunitas, akademisi serta para pecinta kebaya.

“Karna dari sepanjang perjuangan kami, sangat banyak dukungan dari mereka,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Lana mengatakan parade kebaya Nusantara tidak hanya digelar di Jakarta, tapi juga di kota-kota besar lainnya. Seperti Aceh, Medan, Lampung, Surabaya, Kalimantan, Sulawesi dan sebagainya.

Lana juga menyinggung soal wacana UNESCO yang akan menjadikan kebaya sebagai warisan budaya tak benda. Saat ini, katanya, penetapan tersebut masih dalam proses.

“Sekarang sedang proses. Desember nanti akan diumumkan bersama-sama dengan Kolintang, Reog Ponorogo, Kebaya pada bulan Desember di Paraguay,” ujarnya.

Para perempuan berkebaya datang dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja, lanjut usia bahkan kalangan disabilitas. Dari kejauhan, Felis Keraf bersama seorang temannya terlihat gembira menikmati pertunjukkan fashion di atas panggung.

Felis (37) perempuan asal Nusa Tenggara Timur itu mengatakan, ia baru pertama kali mengikuti parade kebaya seperti ini. Ia sangat antusias mengikuti parade sekaligus ingin merayakan momen Hari Kebaya Nasional.

“Kebetulan ini baru pertama kali saya ikut, nanti kalau ada parade lagi saya mau ikut lagi. Saya berharap kita perempuan Indonesia semakin mencintai kebaya serta menjadikan kebaya sebagai identitas bangsa,” kata Felis kepada rri.co.id.

Parade Kebaya Nusantara dimulai pukul 06.30 WIB di kawasan FX Sudirman, Senayan. Tema yang diambil tahun ini dalam rangka Hari Kebaya Nasional, adalah “Ekspresi Ceria Aku dan Ibu”.

Pos terkait