Keberhasilan Heru Budi Hartono Pimpin Jakarta: Opini WTP Jadi Bukti Nyata

Redaksi Jakarta, 29 Juli 2024 – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mencetak prestasi gemilang di bawah kepemimpinan Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur.

Kali ini, Pemprov DKI Jakarta sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Opini WTP ini menjadi penegasan bahwa Heru Budi Hartono mampu mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Ketua Forum Warga Kota (Fakta) Indonesia, Ari Subagio Wibowo, mengemukakan bahwa predikat WTP ini menjadi bukti konkret keberhasilan Heru dalam memimpin Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Pemberian predikat WTP dari BPK ini menjadi indikator kalau Pak Heru mampu mengimplementasikan good governance and clean government. Mampu mempertanggungjawabkan penggunaan APBD. Pak Heru berhasil memimpin Jakarta,” ujarnya tegas.

Selama masa kepemimpinannya, Heru Budi Hartono dikenal berkomitmen melaksanakan aturan-aturan dan melakukan pembenahan tata kelola pemerintahan.

Salah satu langkah nyata adalah penataan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berkolerasi dengan penerimaan bantuan sosial agar lebih tepat sasaran. Ari juga menyoroti langkah-langkah strategis dalam menata guru yang direkrut tidak sesuai aturan, serta memberikan solusi agar mereka tetap bisa mengajar dengan peningkatan kesejahteraan melalui berbagai status kepegawaian.

“Kita ketahui, beliau melakukan penataan dan penertiban NIK yang berkorelasi dengan penerimaan bantuan sosial agar lebih tepat sasaran,” tambah Ari.

Lebih lanjut, Ari menekankan pentingnya transparansi dan keterbukaan informasi publik dalam penggunaan anggaran. Ia berharap, dengan semakin mudahnya akses informasi oleh masyarakat, pengawasan terhadap penggunaan uang rakyat dapat lebih optimal dan potensi pelanggaran dapat diminimalisir.

“Semakin masyarakat mudah mengakses, tentu semakin banyak yang bisa terlibat melakukan pengawasan penggunaan uang rakyat. Sehingga, potensi terjadinya pelanggaran dapat lebih dicegah,” ucapnya.

Menurut Ari, dengan berbagai capaian dan keberhasilan yang telah ditorehkan, Heru Budi Hartono layak untuk terus mengemban amanah sebagai Pj Gubernur DKI hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur definitif hasil Pilkada Jakarta 2024.

Ia juga memuji kemampuan Heru dalam menjaga kondisi Jakarta tetap kondusif selama tahapan Pilpres dan Pileg yang lalu, serta hubungan harmonisnya dengan pemerintah pusat yang memungkinkan akselerasi dalam mengatasi berbagai persoalan Jakarta, seperti banjir dan kemacetan.

“Saat tahapan Pilpres dan Pileg lalu Jakarta kondusif. Pak Heru menjadi figur yang bisa mengayomi dan merangkul semua. Tentunya, kita berharap Pilkada Jakarta juga berlangsung aman, lancar, dan kondusif,” harap Ari.

Di akhir pernyataannya, Ari menambahkan bahwa komunikasi yang baik antara Heru dengan pejabat negara di pemerintah pusat menjadi kelebihan tersendiri. Hal ini memungkinkan percepatan dalam penanganan masalah-masalah krusial di Jakarta, seperti penyelesaian sodetan Ciliwung dan kemajuan infrastruktur transportasi publik.

Dengan berbagai prestasi ini, Heru Budi Hartono semakin menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin yang mampu membawa Jakarta menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan berintegritas.

Pos terkait